visitaaponce.com

43 Calon Jemaah Haji Terima Vaksin Meningitis

43 Calon Jemaah Haji Terima Vaksin Meningitis
Calon jamaah umrah menunjukkan sertifikat vaksin meningitis.(ANTARA/UMARUL FARUQ)

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang memberikan vaksin meningitis kepada 43 calon jemaah haji (CJH) Kota Padang Panjang di UPTD Puskesmas Gunung, Senin (20/3). Mereka merupakan jemaah yang tertunda keberangkatannya tahun lalu.

Vaksinasi meningitis menjadi salah satu keharusan bagi CJH datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji dan umrah. Persyaratan tersebut sebagai bagian dari upaya pemberian perlindungan sekaligus pencegahan terhadap penularan suatu penyakit.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Promosi Kesehatan dan Sumberdaya Kesehatan Dinkes Kota Padang Panjang Oktafiendri menyampaikan, tahun ini informasi dari Kantor Kementerian Agama Padang Panjang, calon jemaan haji tahun ini sebanyak 110 orang.

Baca juga: 18 Ribu Orang Mendapat Vaksinasi Dosis Ketiga Hari Ini

"Ada 50 orang lagi yang akan melaksanakan pada gelombang kedua nanti. Saat ini para calon jemaah haji itu belum melakukan pembayaran dan menunggu Keputusan Presiden untuk biaya pelunasan haji," ujarnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Gunung Widra Yeni selaku pelaksana vaksinasi meningitis menjelaskan, pihaknya selalu ditunjuk untuk memberikan vaksin kepada para calon jemaah haji.

Baca juga: Peternak di Kota Palu Vaksinasi Mandiri Antisipasi Flu Burung

"Kami memiliki alat yang lengkap dan pelaksananya, baik itu dokter, perawat dan lainnya, sudah mendapatkan pelatihan. Mereka yang terus kita tugaskan," tuturnya.

Pada 2023 ini, salah satu perawat di Puskesmas Gunung ditunjuk menjadi Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) untuk Kota Padang Panjang dan saat ini sedang mengikuti pelatihan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat