visitaaponce.com

Jalur Utama Bandung Barat-Cianjur Putus Akibat Longsor

Jalur Utama Bandung Barat-Cianjur Putus Akibat Longsor
Ilustrasi(DOK MI)

JALUR utama penghubung Kabupaten Bandung Barat-Cianjur, Jawa Barat putus akibat Jalan Raya Gununghalu di Desa Bunijaya Kecamatan Gununghalu tertimbun material longsor.

"Seluruh badan jalan raya selebar 5 meter tertutup total dengan ketebalan material longsoran tanah sekitar 10 meter," ungkap Petugas Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Rudi Wibiksana, Senin (20/3). Bencana terjadi setelah wilayah Gununghalu diguyur hujan deras pada Minggu (19/3) malam.

Akibat putusnya jalur utama Bandung Barat-Cianjur tersebut, kendaraan dari kedua arah terpaksa harus memutar dan mencari jalur alternatif. "Kondisi sore ini, jalan belum normal dilalui kendaraan. Aktivitas warga dari dua desa menuju ke Cianjur juga terhambat karena jalur yang tertutup longsor merupakan jalur utama," terangnya.

Rudi menerangkan, longsor di Bandung Barat bagian selatan terjadi di beberapa titik, namun yang paling terdampak adalah longsor tebing di Bunijaya dengan tinggi 40 meter dan panjang 30 meter. "Longsor tebing di jalan kabupaten ini ada 7 titik, sementara 1 titik longsor menutup total akses jalan," ucapnya.

Dia mengatakan, petugas gabungan dari BPBD bersama aparat kewilayahan masih berupaya melakukan evakuasi material longsor. Agar akses bisa segera dibuka, evakuasi harus dibantu alat berat lantaran ketebalan material mencapai 10 meter. "Evakuasinya perlu dibantu alat berat, sekarang kami masih menunggu," jelasnya. (R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat