visitaaponce.com

Bunga Bangkai Tumbuh di Pemukiman Padat Penduduk Kota Palembang

Bunga Bangkai Tumbuh di  Pemukiman Padat Penduduk Kota Palembang
Seorang anak mengamati bunga bangkai(Antara)

SEPUCUK bunga bangkai ditemukan tumbuh di pemukiman penduduk Jalan Padang Selasa, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Bunga bangkai tersebut menarik perhatian warga setempat. .

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan Ujang Wisnu Barata di Palembang, Senin, mengatakan petugas sudah mengecek langsung laporan warga terkait penemuan bunga tersebut. Berdasarkan laporan yang diterima dari lapangan, Ujang membenarkan tumbuhan itu teridentifikasi merupakan jenis bunga bangkai atau suweg.

"Bunga bernama latin Amorphophallus paeoniifolius ini berstatus tidak dilindungi," ujar Ujang. 

Baca juga : Bunga Bangkai Setinggi 4 Meter Ditemukan di Agam

Berdasarkan hasil pengukuran, diketahui bunga tersebut memiliki tinggi total 77 centimeter, tinggi batang 21 centimeter, dan dengan diameter sebesar 60 centimeter. Kemudian, pada keliling bunga jantan berukuran 84 centimeter, tinggi bunga jantan 41 centimeter, dan keliling batang 13,5 centimeter.

Baca juga: Bunga Bangkai Koleksi KRC-BRIN Mekar Sempurna

Amorphophallus paeoniifolius merupakan anggota genus Amorphophallus dan masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum).

Di Indonesia, bunga berwarna merah marun dan hijau dengan tekstur daun halus ini dapat ditemukan di Pulau Sumatera, Sulawesi dan Jawa.

Bunga tersebut dinamai bunga bangkai karena pada waktu-waktu tertentu dirinya akan mengeluarkan bau bangkai.

"Atas tumbuhnya tanaman ini kami mengimbau biarkanlah tumbuh untuk menghiasi alam secantik dan seindah tumbuhan apapun," kata dia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat