visitaaponce.com

Banjir di Grobogan Meluas, Lalulintas Semarang-Purwodadi Lumpuh

Banjir di Grobogan Meluas, Lalulintas Semarang-Purwodadi Lumpuh
Warga Gorbogan berjalan melintasi genangan air(Antara/Yusuf Nugroho)

BANJIR yang melanda Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah semakin meluas, sebanyak 1.491 rumah terdampak dan lalu lintas jalur Semarang-Purwodadi (Grobogan) lumpuh karena terendam air dengan ketinggian 5 centimeter.

Pemantauan Media Indonesia hingga Rabu (29/3) petang, banjir yang sebelumnya terjadi di tiga desa, kini meluas dan menggenangi 5 desa dengan 1.491 rumah terdampak di Desa Klitikan, Jumo, Kalimaro, Wates, Jedungjati. Dalas dan Kalimaro.

Selain hampir 1.500 rumah terdampak, banjir juga mengakibatkan lalu lintas di ruas Jalan Semarang-Purwodadi lumpuh, karena di Simpang Gubug terendam banjir hingga ketinggian capai 75 centimeter. 

Baca juga : BPBD Cianjur: Belum Ada Laporan Dampak Gempa Magnitudo 4,0

"Terpaksa cari jalur alternatif lain, karena jalan terendam banjir," ujar Parno, 60, seorang warga Godong yang mengaku terjebak banjir sejak pagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan sudah ribuan rumah di daerah ini terdampak banjir, hal ini terjadi akibat meluapnya Sungai Tuntang dan Bancak tang berhulu di Kabupaten Semarang.

Baca juga : Pemprov Kalsel Kembali Bangun Lumbung Sosial

Berdasarkan data BPBD, 1.491 rumah terdampak yakni Kedungjati 81 rumah, Klitikan 93 rumah, Deras 150 rumah, Kalimaro 90 rumah, Jumo 147 rumah dan Wates 900 rumah.

Selain merendam lima desa tersebut, lanjut Endang Sulistyoningsih, banjir juga mengakibatkan lumpuhnya jalur Semarang-Purwodadi  karena jalan terendam banjir, sehingga kemacetan panjang terjadi dari dua arah.

"Untuk kendaraan kecil dialihkan ke jalur alternatif, terapi kendaraan besar menunggu banjir menurun," katanya.

Selain akibat luapan sungai, ungkap Endang Sulistyoningsih, banjir juga akibat jebolnya tanggul Sungai Tuntang di Dusun Mlati, Desa Tinanding, Kecamatan Gubug. 

"Kita masih lakukan pengecekan kondisi seluruh tanggul sungai," imbuhnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat