visitaaponce.com

Tiket Kapal Pelni Habis, Penumpang Mudik 2023 Naik 5

Tiket Kapal Pelni Habis, Penumpang Mudik 2023 Naik 5%
Menteri BUMN Erick Thohir berseta jajaran melepas keberangkatan mudik gratis naik kapal laut di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok(ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

TIKET kapal Pelni untuk mudik lebaran sudah habis terjual. Pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 memprediksi penumpang mudik tahun 2023 di 20 pelabuhan wilayahnya naik sekitar 5% dari tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut, sama dengan tahun lalu.

Dari pencarian di loket tiket Pelni, baik untuk membeli secara online atau pun offline sudah tidak ada lagi, karena harganya memang jauh lebih murah dibanding tiket pesawat.

"Saya mau mudik ke surabaya, tapi sudah habis semua dari tanggal 6 sampai 22 April itu penuh semua, harga tertinggi Rp482 ribu," keluh Rezky, calon penumpang tujuan Surbaya saat ditemui di agen tiket Pelni.

Baca juga: Lebaran 2023, Pelni Siapkan 48.539 Kursi Penumpang

Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis mengatakan, tahun ini adalah tahun kedua arus mudik penumpang terbuka. Sehingga, diprediksi pemudik akan banyak, setelah sempat terkendala pandemi covid-19. Meski demikian, penumpang mudik yang menggunakan transportasi laut, masih dipersyaratkan sudah divaksin ketiga. 

“Karenanya, kami pun melakukan penambahan kapasitas pendukung, termasuk membangun Posko lebaran dan ruang tunggu sementara. Dan mengamankan dengan menyiapkan petugas keamanan tiap terminal," kata Enriany.

Baca juga: Pelni Siapkan 68 Kapal Sebagai Armada Angkutan Lebaran

Dia menjelaskan, realisasi mudik pada tahun 2022 sebanyak 1.106 call kapal dengan jumlah penumpang 607.625 orang. Tahun ini kapal diprediksi naik jadi 1.161 call, dan penumpang menjadi 636.006 orang.

Ada pun tujuan mudik yang dominan adalah Surabaya Jawa Timur, Ternate, dan Nusa Tenggara. "Dan kami memprediksi puncak arus mudik itu terjadi sesuai dengan prediksi libur bersama, yaitu pada H-4 dan H+4 lebaran Idul Fitri," ungkap Enriany.

Khusus di Makassar, General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Suhadi Hamid menambakan, arus penumpang mudik pada momen lebaran tahun ini diproyeksi mencapai 92.797 orang, naik dibanding tahun lalu yang hanya 88.378.

Sementara arus kapal di Pelabuhan Makassar juga diproyeksi naik mencapai 90 call kapal, naik dibanding tahun lalu yang hanya 86 call kapal. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat