visitaaponce.com

Menteri Pariwisata Dorong Desa Wisata Selamanik Lengkapi Infrastruktur

Menteri Pariwisata Dorong Desa Wisata Selamanik Lengkapi Infrastruktur
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno bersama pegiat wisata di Desa Selamanik, Ciamis, Jawa Barat(MI/KRISTIADI)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kunjungi Desa Wisata Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (6/4). Desa itu termasuk satu dari 75 desa wisata terbaik yang terpilih dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Kedatangan Menparekraf disambut dengan pertunjukan seni khas Ciamis yaitu tarian tradisional Bebegig Sukamantri. Setelah itu, Kepala Desa Selamanik memaparkan potensi desanya.

Tahun ini, sebanyak 4.573 desa wisata mengikuti ADWI. Seleksi sudah dilakukan dan 75 desa wisata maju ke babak selanjutnya.

Sandiaga mengatakan, desa wisata pada 2024 ditargetkan dapat menjadi penopang dan penciptaan 4,4 juta lapangan pekerjaan dari sektor pariwisata. Desa Selamanik dinilai memiliki peluang untuk menggeluti sejumlah usaha terkait ketahanan pangan.

"Dunia usaha yang akan didorong Kementrian untuk Desa Selamanik ini adalah berkaitan dengan kelengkapan homestay dan toilet yang menjadi potensi unggulan dari Desa Wisata Selamanik. Sejauh ini dari 75 desa wisata baru tiga yang dinilai sudah lengkap antara lain mempunyai potensi yang melimpah dalam bidang pariwisata, ekonomi kreatif, kuliner dan seni," katanya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, terpilihnya Selamanik sebagai desa wisata berkat kerja sama dan kolaborasi semua pihak dan elemen baik tingkat pemerintah desa maupun pemerintah daerah yang senantiasa bahu-membahu.

"Desa Wisata Selamanik mempunyai potensi pariwisata, karena memiliki kekayaan budaya dan tradisi," tandasnya. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat