visitaaponce.com

2,1 Juta Tiket KA Angkutan Lebaran Ludes Terjual

2,1 Juta Tiket KA Angkutan Lebaran Ludes Terjual
Pemudik mencetak boarding pass secara mandiri di Check In Counter Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (15/4).(ANTARA/NOVA WAHYUDI )

PT KAI mencatat pada Minggu (16/4), tiket jarak jauh yang telah terjual untuk keberangkatan di masa Lebaran 2023 adalah 2.170.643 tiket atau 71% dari total keseluruhan tiket KA jarak jauh yang disediakan yaitu 3.065.404 tiket.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Minggu (16/4).

Relasi favorit sejauh ini yaitu untuk periode sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta atau Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah atau Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta atau Bandung).

Baca juga: Catat, Ini 5 Ruas Tol yang Tarifnya Didiskon saat Mudik Lebaran 2023

Perjalanan kereta api yang okupansinya mencapai 100% antara lain KA Airlangga (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan-Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong-Blitar pp), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp), KA Rajabasa (Kertapati-Tanjungkarang pp), KA Bengawan (Pasar Senen-Purwosari pp), KA Probowangi (Surabaya Gubeng-Ketapang pp), KA Bukit Serelo (Kertapati-Lubuklinggau pp), KA Tawang Alun (Malang Kota Lama - etapang pp), KA Ranggajati (Cirebon-Jember pp), KA Jayabaya (Pasar Senen-Malang pp).

Untuk tiket yang masih tersedia antara lain KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), KA Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), KA Purwojaya (Gambir-Cilacap), KA Senja Utama Yk (Pasar Senen-Yogyakarta pp).

Baca juga: Kemenhub Ramal Mobilitas Mudik Tertinggi dari Jakarta ke Semarang

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA jarak jauh yang menjadi favorit dipesan di antaranya 24 April (94%), 25 April (92%), serta 19 dan 20 April (91%).

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” tutup Joni. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat