visitaaponce.com

Menhub Lebih dari 50 Pergerakan Mudik Terpusat di Jawa

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan mayoritas mobilitas mudik masyarakat tahun ini masih berpusat di Jawa. 

"Pergerakan di Jawa relatif lebih tinggi dibanding daerah-daerah di luar Jawa, lebih dari 50%," kata Budi dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Waspada 123 Juta Pemudik, Menhub Bongkar Strategi Jitu,' Minggu (16/4).

Budi mengatakan pergerakan paling ekstrem, yakni menuju Jawa Tengah dari Jawa Timur dan Jawa Barat. Sedangkan pergerakan arus balik terbanyak dari Jawa Tengah ke Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baca juga: Kemenhub Ramal Mobilitas Mudik Tertinggi dari Jakarta ke Semarang

"Ada juga yang dari Jawa Barat sampai ke Jawa Timur jadi long distance, jadi ini semua mesti kita antisipasi," ujar dia.

Budi menyebut mudik menjadi tradisi Indonesia. Bahkan, hal itu dinilai tidak mungkin tidak ada.

Baca juga: Jurus Kemenhub Cegah Penumpukan Kendaraan di Pelabuhan Merak  

"Apalagi mudik merupakan suatu kebangkitan ekonomi di daerah-daerah," papar dia.

Budi mengutip perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada jajarannya agar membuat mudik kali ini berkesan. Berbagai upaya dilakukan guna mewujudkan hal tersebut.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan survei terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada Lebaran 2023. Hasilnya, 123,8 juta diperkirakan akan pulang ke kampung halaman pada lebaran tahun ini.

Budi mengatakan jumlah pemudik tersebut mengalami peningkatan sebesar 44,79 persen ketimbang 2022 yang hanya 85,5 juta orang.

"Mudik Lebaran 2023 akan mengalami peningkatan signifikan karena pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah berakhir, ekonomi juga mengalami kenaikan 5,3 persen, kemudian tidak ada larangan mudik, dan adanya cuti bersama," ujar Budi dalam Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi V DPR di Jakarta, Selasa (4/4). (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat