visitaaponce.com

Pengunjung Pulau Weh Membludak

Pengunjung Pulau Weh Membludak
Wisatawan mengunjungi objek wisata Tugu Kilometer Nol Indonesia di Desa Iboih, Kota Sabang, Aceh, Minggu (18/11/2018).(ANTARA/IRWANSYAH PUTRA)

JUMLAH kunjungan melalui daratan Aceh menuju Pulau Weh, Sabang, Aceh meningkat sejak tiga hari terakhir hingga Kamis (27/4) ini. Pengunjung memanfaatkan libur Lebaran Idul Fitri untuk bisa menjajaki Kilometer Nol
Indonesia di kawasan Iboih.

Mereka yang datang adalah para wisatawan lokal dari berbagai provinsi di Sumatra dan Jawa. Ada juga pengunjung asal Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Mereka hendak menikmati keindahan alam dan bahari di kota kepulauan paling ujung barat Indonesia itu.

Dari pantauan Media Indonesia hingga Kamus (27/4), para wisatawan asal Jakarta dan daerah lainnya di Jawa sudah sejak subuh datang dengan membawa mobil untuk memasuki parkiran di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh. Mereka yang akan menumpang KMP Aceh Hebat 2 rela menunggu untuk membeli tiket.

Baca juga: Seorang Remaja Terseret Arus Lokasi Wisata Pemandian Krueng Tiro

"Kami rencananya dua hari berlibur ke Sabang untuk mengunjungi lokasi wisata bahari hingga sampai ke Kilometer Nol titik awal Indonesia di Aceh," kata Nazaruddin, warga Aceh yang sudah lama bermukim di Jakarta dan datang ke Sabang bersama anak-anak dan Istrinya.

Dikatakan lelaki yang berusia sekitar 60 tahun itu, Sabang termasuk tujuan utama keluarganya dalam perjalanan mudik dari Jakarta pulang ke kampung halamannya di Leupeum, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie.

Baca juga: Bus Angkut Pemudik Dilempari Batu di Aceh

Sementara itu dari data yang dihimpun Media Indonesia, jumlah pengunjung yang menyeberang ke Pulau Weh mencapai 4.000 orang per hari. Jumlah tersebut meningkat 300% dari hari biasa.

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)


TEKS PHOTO: KMP Aceh Hebat 1 saat berlabuh di dermaga Calang, Kabupaten
Aceh Jaya, beberapa waktu lalu. MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat