visitaaponce.com

Gubernur NTT Sentil Flores Jual Jagung lalu Beli Pakan

Gubernur NTT Sentil Flores Jual Jagung lalu Beli Pakan
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Penjabat Bupati Flotim Doris Alexander Rihi saat berdiskusi dengan masyarakat Desa Tenawahan.(Metro TV/Fransiskus Gerardus Molo.)

GUBERNUR Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menyentil kebiasaan masyarakat Pulau Flores yang menjual jagung ke Surabaya lalu membeli kembali setelah menjadi pakan ternak. Sentilan ini ia sampaikan saat mengunjungi lahan jagung sekaligus memanen program tanam jagung panen sapi (TJPS) yang dikelola secara mandiri oleh kelompok tani Nusa Raya di Desa Tenawahang, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur, Jumat 28 April 2023.

"Jagungnya datang dari mana? Kita kirim jagung ke Surabaya, dia bikin pakan habis kirim lagi ke kita. Siapa yang bodoh itu?" ungkapnya disusul gelak tawa masyarakat.

Menurut dia, kebiasaan ini menjadi masalah serius lantaran setiap tahun merogoh kocek sebesar Rp450 miliar. Padahal, kata dia, pakan ternak bisa diproduksi sendiri dengan memanfaatkan potensi jagung yang melimpah. "Kita, Pulau Flores ini, masalah pakan ternak mulai dari Larantuka sampai Labuan Bajo, satu tahun beli pakan ternak ke Pulau Jawa Rp450 miliar," ungkapnya.

Baca juga: WNA Ludahi Imam Masjid di Bandung, MUI Merespons

Kondisi itu membuat politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) terus memberikan motivasi kepada petani dan masyarakat NTT agar membuat pakan ternak sendiri. "Beberapa daerah sudah buat. Kemarin di wilayah pedalaman Timor sudah punya produk," kata Viktor.

Ia menambahkan, pasaran pakan ternak jauh lebih menjanjikan dengan harga terendah Rp9.000 per kilogram. Melalui produksi pakan ternak sendiri, petani di NTT akan menikmati hasil yang lebih baik. "Inovasi-inovasi begini jangan ke fisik, tetapi menuju ke pembangunan produk," tandasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat