visitaaponce.com

BPBD Petakan 7 Titik Rawan Kebakaran Hutan di Jatim

BPBD Petakan 7 Titik Rawan Kebakaran Hutan di Jatim
Ilustrasi kebakaran hutan.(ANTARA/FB ANGGORO )

BADAN Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) telah memetakan sejumlah wilayah yang menjadi titik rawan kebakaran lahan hutan. Menurut mereka Ada tujuh titik rawan kebakaran hutan di Jatim.

Kepala Pelaksana BPBD Jatim Gatot Soebroto di Surabaya, Selasa (2/5) menjelaskan daerah yang ditetapkan rawan kebakaran itu merupakan bekas lahan hutan yang pernah terbakar pada 2022.

Daerah yang memiliki titik panas paling banyak ada di Situdondo dengan 33 titik. Kemudian Kabupaten Madiun dengan 17 titik dan Kabupaten Jombang dengan 15 titik rawan.

Baca juga: Hujan Bantu Kalsel Terhindar dari Karhutla

"Selain itu ada Pasuruan, Pamekasan, Kediri, dan Bojonegoro," katanya.

Sebagai langkah antisipasi mencegah kebakaran lahan di musim kering, BPBD Jatim telah melakukan koordinasi dengan seluruh BPBD kabupaten/kota.

Sejumlah langkah telah disiapkan pihak BPBD, antara lain membuka posko kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), melakukan komunikasi dengan instansi terkait seperti TNI, Polri, Perhutani dan Dinas Kehutanan serta aktivis lingkungan.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak PU Pengairan serta Dinas Pertanian guna menjaga debit air di bendungan yang dimanfaatkan untuk pengairan persawahan," ujar Gatot.

Baca juga: 15.258 Napi di Jatim Mendapat Remisi Khusus, Negara Menghemat Rp8,5 Miliar

Sementara Pemprov Jatim juga menyiapkan SK Siaga Darurat Karhutla guna mengantisipasi apabila akan dilakukan Teknologi Modifikasi Cuaca.

Surat Siaga itu sedang disusun pihaknya dan bakal dikirim langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ke pemerintah pusat. Kita tunggu bagaimana nanti arahan pusat," kata Gatot. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat