visitaaponce.com

Bersama Ganjar dan Gibran, Menteri Hadi Deklarasikan Surakarta sebagai Kota Lengkap

Bersama Ganjar dan Gibran, Menteri Hadi Deklarasikan Surakarta sebagai Kota Lengkap
Menteri ATR/BPN didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka(MI/HO)

MENTERI Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menghadiri acara deklarasi Kota Surakarta sebagai Kota Lengkap pertama di Jawa Tengah, Rabu (10/5). Surakarta merupakan daerah kelima yang dinyatakan lengkap.

Baca juga: Sertifikat Tanah Elektronik, Aset Barang Milik Negara Jadi Target Pertama

"Mulai saat ini tidak akan ada lagi mafia tanah yang akan bermain-main di wilayah Mas Gibran, karena Kota Surakarta sudah dinyatakan sebagai Kota Lengkap. Baik secara spasial maupun secara yuridis,' ujarya lewat keterangan yang diterima

Menteri Hadi menjelaskan bahwa arti dari Kota Lengkap adalah seluruh bidang tanahnya sudah dipetakan secara spasial dan tidak ada lagi tanah yang tumpang tindih. Selain itu, tidak ada lagi gap kosong antara satu bidang tanah dengan lahan yang lain. Demikian juga secara yuridis, semua bidang tanah bisa diverifikasi subjek dan obkeknya serta batas-batasnya sehingga dinyatakan sebagai Kota Lengkap.

Lebih lanjut Menteri Hadi Tjahjanto menyatakan, bahwa selain mempersempit gerak mafia tanah, tanah masyarakat jadi memiliki nilai ekonomi berlipat ganda tergantung pemanfaatannya. Kepastian hukum atas tanah membuat warga memiliki aset ekonomi yang bisa dimanfaatkan untuk apa saja. Selain itu kota lengkap juga memberikan keamanan bagi investasi. Sehingga Surakarta sebagai kota yang sudah banyak dilirik investor sejak kepemimpinan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akan semakin meyakinkan menarik investasi

"Ini tidak lepas dari tugas yang diberikan oleh Bapak Presiden Jokowi kepada saya, bahwa PTSL harus bergerak cepat karena penting bagi warga dan juga aman bagi investasi. Alhamdulillah program PTSL saat ini sudah mencapai angka 102 juta lebih sertipikat. Sehingga kami optimistis mampu menjalankan amanat Presiden untuk menuntaskan 140 juta bidang di tahun 2024,' tandasnya.

Acara deklarasi Kota Surakarta sebagai Kota Lengkap ditandai dengan penekanan tombol oleh Hadi Tjahjanto yang didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni. (Ant/H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat