visitaaponce.com

Sulbar Alami Kemajuan Signifikan Di Berbagai Bidang

Sulbar Alami Kemajuan Signifikan Di Berbagai Bidang
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik (kanan)(HO)

DI BAWAH kepemimpinan Akmal Malik selaku Pj Gubernur, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) telah melakukan berbagai upaya demi mencapai kemajuan. Berbagai usaha yang dilakukan bertujun agar Sulbar lebih maju di masa mendatang.

"Layaknya pohon bambu, semakin tua semakin kuat. Selama setahun ini, kami telah menanamkan pondasi yang kokoh untuk masa depan Sulbar yang lebih baik," ungkap Akmal dalam keterangan yang diterima, Rabu (9/5).

Di sektor ekonomi, jelas Akmal, Sulbar mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan. Saat ini, Akmal menjelaskan, pertumbuhan ekonomi (YoY) kuartal I 2023 mencapai 3,59%, meningkat dibanding kuartal yang sama tahun lalu yang sebesar 1,04%.

Lebih jauh, Akmal yang juga menjabat Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, mengatakan tingkat penyerapan APBD Sulbar pada 2022 mencapai 94,48%, meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 84,1%. ”Dengan tingkat penyerapan belanja yang baik ini, Sulbar meraih posisi ketujuh serapan belanja daerah secara nasional," jelasnya.

Pengendalian inflasi daerah di Sulbar juga mengalami perbaikan. Pada 2022 tingkat inflasi Sulbar tercatat 4,85% atau di bawah angka inflasi nasional yang mencapai 5,51%. "Tahun ini Sulbar berhasil mencatatkan inflasi terendah nasional selama dua bulan berturut-turut yaitu pada Maret dan April," ungkapnya.

Lebih jauh, Akmal menerangkan, selama setahun terakhir juga telah dilakukan berbagai inovasi terkait pelayanan publik serta penanganan masalah stunting. Inovasi lainnya, dikatakan Akmal, juga dilakukan dalam hal pengoptimalan aset daerah.

"Sekarang ini aset-aset itu dimanfaatkan seperti di Palipi, Kabupaten Majene, sebagai rest Area. Kami juga mengoptimalkan aset Balai Benih ikan ponjang di Majene yang sebelumnya terlantar,” tuturnya.

Di sektor pariwisata Sulbar juga melakukan berbagai terobosan seperti melakukan revitalisasi destinasi Pulau Karampuang, yang merupakan  salah satu detinasi wisata unggulan Sulbar. Saat ini, Pulau Karampuang telah dilengkapi sarana seperti, Plaza Karampuang, lapangan voli pantai, vila, dan wisata mangrove bekerja sama dengan TNI.

Akmal menambahkan, tingkat integritas ASN daerah juga mengalami perbaikan. Survei penilaian integritas KPK mengalami peningkatan pada 2022 sebesar 66,92% dari sebelumnya 49,13%. "Survei integritas KPK sebelumnya menempatkan Sulbar di posisi 34 atau terendag. Namun saat ini Sulbar berada di posisi 20," katanya. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat