visitaaponce.com

Misterius Patung Ganesha di Bibir Kawah Gunung Bromo Hilang

Misterius! Patung Ganesha di Bibir Kawah Gunung Bromo Hilang
Patung Dewa Ganesha yang berada di bibir kawah Gunung Bromo hilang.(Rudi Ulhaq)

PATUNG Dewa Ganesha yang berada di bibir kawah Gunung Bromo hilang. Penyebab hilangnya patung yang biasa dibuat sebagai tempat sesaji di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo belum diketahui.

Patung Ganesha yang hilang ini berukuran kurang lebih 50 x 50 meter. Patung buatan sekitar tahun 2012 ini ini ditemukan hilang atau sudah tidak ada ditempat, oleh warga Tengger.

Adapun, Tokoh adat Tengger, bersama pihak kepolisian, dan pengelola wisata Guning Bromo yakni Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) masih melakukan penyelidikan dan mencari keberadaan patung Ganesha. Ada dua kemungkinan, apakah patung ini jatuh ke kawah atau justru dibawa kabur orang.

Baca juga: Otoritas TNBTS Selidiki Foto Mario Gunakan Jip Pribadi di Areal Terlarang Bromo

Kades Ngadisari Sunaryono mengaku, mendapat laporan dari warga bahwa patung Ganesha yang dibuat tempat sesaji waega saat ritual ke kawah Gunung Bromo, sudah tidak ada di tempat.

"Patung Ganesha di bibir kawah hilang dari tempatnya. Itu bukan patung kuno, melainkan buatan sendiri dari bahan cor sekitar tahun 2012," beber Sunaryono, Rabu (17/5).

Baca juga: Desa Wisata Penyangga Kawasan Bromo Tengger Semeru Paparkan Program Pengembangan Desa Wisata

Saat ini, anggota Polsek Sukapura, pihak TNBTS, dan warga Tengger Bromo akan naik ke lokasi kejadian. Mereka akan melakukan pencarian Patung Ganesha.

"Kita bersama semua pihak masih akan melakukan pencarian, dan melihat rekaman CCTV, soalnya tadi pagi ada turis asing terakhir naik ke kawah, kalau Warga Tengger tidak terpancing, karena bukan patung yang mempunyai nilai sejarah, perkembangan akan kami beri tahu nanti," tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat