visitaaponce.com

Peringati Harkitnas, Ensemble Yogyakarta Royal Orchestra Tampilkan 10 Repertoar

Peringati Harkitnas, Ensemble Yogyakarta Royal Orchestra Tampilkan 10 Repertoar
Penampilan String ensemble Yogyakarta Royal Orchestra(MI/Ardi Teristi Hardi)

STRING ensemble Yogyakarta Royal Orchestra di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadoningrat menggelar Pentas Musikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 di Halaman Gedung DPRD DIY, Sabtu (20/5) sore. 

Penampilan ensemble ini menampilkan juga kolaborasi dengan solo vokal dari Brian Prasetyoadi dan solo violin oleh Elgar Putrandhra.

"Sebenarnya sudah sejak tahun lalu kami berangan-angan untuk menggelar Pentas Musikan di halaman Gedung DPRD DIY ini. Hanya saja waktu itu masih ada beberapa kendala teknis yang harus dirumuskan dulu formulasinya yang tepat," terang KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Kridhamardawa.

Baca juga : Kota Baru Parahyangan Luncurkan Peninsula Tatar Nilapadmi

Pentas tim string ensemble Yogyakarta Royal Orchestra ini spesial karena perdana digelar di luar Keraton Yogyakarta.

"Sebelumnya kan tim ansambel tiup atau brass ensemble ya yang pentas di Regol Barat Kepatihan tahun lalu, tim string ensemble ini belum pernah� papar dia.

Baca juga : UGM Gelar Kongres I Forum Mahasiswa Ekonomi Indonesia

Pentas Musikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 ini menghadirkan 10 repertoar yang bertemakan semangat perjuangan, persatuan dan kebangsaan yaitu: Indonesia Tetap Merdeka; Bagimu Negeri; Bhineka Tunggal tka; Maju Tak Gentar; Kebyar Kebyar; Indonesia Pusaka; Lir llir; Medley: Berkibarlah Benderaku Berkibarlah Bendera Negeriku; Tanah Airku; dan Indonesia Jaya.

Sepuluh lagu tersebbut diaransemen oleh salah satu Abdi Dalem Musikan, yaitu ML. Widyoyitnowaditro. Pengaba atau conductor dalam pementasan ini adalah RW. Widyogunomardowo.

Beberapa lagu akan menghadirkan permainan solo violin dari Elgar Putrandhra, solo vokal oleh Brian Prasetyoadi, dan bahkan akan hadir duet antara permainan violin Elgar Putrandhra dengan vokal Brian Prasetyoadi.

Brian sudah beberapa kali ya berkolaborasi dengan Yogyakarta Royal Orchestra, pertama waktu Pentas Musikan Kamardikan tahun lalu di Regol Brajanala, kemudian yang baru-baru ini waktu Pentas Musikan Peringatan Serangan Umum 1 Maret di Bangsal Mandalasana.

"Nah, dua pementasan sebelumnya ini Brian Prasetyoadi berkolaborasi dengan tim ansambel tiup, sementara besok ini pertama kalinya Brian akan berkolaborasi dengan string ensemble Yogyakarta Royal Orchestra. Saya pribadi sangat menantikan hasil akhirnya,� ungkap KPH Notonegoro. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat