visitaaponce.com

TNI Investigasi Terbakarnya KRI Teluk Hading

TNI Investigasi Terbakarnya KRI Teluk Hading
Kawasan wisata Titik Nol disterilkan menyusul kebakaran KRI Teluk Hading 538. Kapal milik TNI AL itu terlihat masih mengeluarkan asap.(MGN/Ifa.)

PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono, Senin (5/6), menjelaskan pihaknya tengah melakukan investigasi terhadap insiden atau kejadian terbakarnya Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Hading di Perairan Bukulumba-Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Hal itu diungkapkan Yudo Margono, Senin (5/6) saat membuka kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Dermaga Hatta Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan.

Yudo Margono menyebutkan kebakaran terjadi di bagian generator kapal. "Ini sudah kita selamatkan personelnya dan kapalnya juga sudah kita kandaskan," sebutnya.

"Nanti mungkin Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) akan menarik badan kapalnya dan akan dilaksanakan investigasi apakah kebakaran disebabkan human error atau karena teknis ya tentu nanti kita akan cek lagi," sambung Yudo Margono.

Baca juga: Sedang Operasi Rutin, KRI Teluk Hading Terbakar

KRI Teluk Hading 538, yang mengangkut 119 orang, diinformasikan terbakar di Perairan Bulukumba-Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Sabtu (3/6) siang. Beruntung semua penumpang dinyatakan selamat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta dalam keterangannya, Sabtu malam, di Markas Komando (Mako) Lantamal VI Makassar, mengatakan, kebakaran KRI Teluk Hading 538 diduga bersumber dari bagian belakang kapal. Kapal tersebut bergerak dari Jakarta menuju pelaksanaan operasi rutin di wilayah kerja Koarmada III.

Baca juga: KRI Teluk Hading 538 Masih Terlihat Mengeluarkan Asap

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada MV Golden Ace, TB. Bahtera Zalfa, dan MV Green Land yang membantu pelaksanaan penyelamatan tersebut," ungkap Wira Hadi. "Proses penyelamatan berjalan cukup cepat kurang lebih selama 30 menit. Terlebih kapal yang mengalami kebakaran di perairan Selat Selayar tersebut dalam keadaan laik operasi. Kapal tersebut, akan ditarik ke daratan terdekat," sambungnya.

KRI Teluk Hading membawa 119 personel, terdiri dari 62 kru kapal dan 57 penumpang. Saat kebakaran, personel dievakuasi kapal TB Bahtera Zalfa dan beberapa kapal lain yang melintas. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat