visitaaponce.com

15 Tahun, Jalan di Kampung Kerasak belum Juga Mulus

15 Tahun, Jalan di Kampung Kerasak belum Juga Mulus
Ilustrasi jalan yang belum dilapisi aspal.(MI/DWI APRIANI)

SELAMA 15 tahun jalan di Kampung Kerasak, Desa Lubuk Lingkuk, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah belum juga dilapisi aspal. Setidaknya itu berarti sudah tiga periode kepemimpinan bupati.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rahmat Wibowo membenarkan ruas jalan tersebut belum diaspal. Kondisi jalan masih ditimbun dengan tanah puruh dengan kondisi jalan berlubang akibat tergerus air hujan.

Dia menyebutkan panjang ruas jalan yang belum diaspal itu sepanjang 10,4 km. "Di tengah ruas sebelum Jembatan Baja Air Duren, ada belok ke kanan ada kampung, sekitar 1 km juga belum diaspal," kata Rahmad, Selasa (6/6).

Baca juga: Istri Kapolres Pinjam Rp850 Juta untuk Berobat tapi Dicuri Ajudan

Ia mengaku jalan itu belum diaspal karena keterbatasan APBD. Oleh karena itu, lanjutnya rencana pengaspalan ruas jalan tersebut akan diajukan melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Kita memang mengajukan jalan itu di aspal melalui DAK tapi belum lolos," ujarnya.

Baca juga: Jalan Rusak Lampung, PU-Pera Siapkan 10 Paket Pemeliharaan Jalan Nasional

Sebagai tindak lanjut. Pada 2024 ruas jalan itu kembali dimasukan dalam daftar usulan DAK. "Insyallah tahun 2024 lolos, sehingga pengaspalan ruas jalan itu dapat terealisasi melalui DAK,"ungkap dia.

Mengingat kondisi ruas jalan tersebut masuk dalam kawasan hutan, makanya pihaknya akan mengupayakan proses pinjam pakai kawasan.

"Untuk saat ini lebih ketat dalam hal pengawasan pemakaian kawasan hutan. Tapi kita akan usahakan,"ucap dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat