visitaaponce.com

Vaksinasi Ternak Dikebut Jelang Idul Adha

Vaksinasi Ternak Dikebut Jelang Idul Adha
Petugas menyuntikkan vaksin LSD kepada seekor sapi.(ANTARA/DIDIK SUHARTONO)

JELANG Hari Raya Idul Adha, pasar hewan di berbagai daerah di Pantura, Jawa Tengah banyak didatangi pengunjung. Mereka sengaja datang untuk menjual dan beli ternak sapi maupun kambing untuk persiapan kebutuhan hewan kurban.

Harga hewan ternak terutama untuk kurban seperti sapi dan kambing naik, untuk sapi rata-rata naik Rp1 juta-Rp2 juta per ekor sedangkan kambing Rp100 ribu-Rp200 ribu per ekor.

Pemerintah daerah setempat pun mengebut vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta Lumpy Skin Disease (LSD) untuk menjamin kesehatan ternak sapi dan kambing sehat saat pelaksanaan kurban.

"Idul Adha tinggal sepekan lagi, sejak sebulan lalu kita kebut vaksinasi LSD," ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara Mudhofir.

Baca juga: LSD Serang 21 Hewan Ternak di Depok

Dijelaskan Mudhofir, sejak awal Mei lalu hingga saat ini sudah ribuan hewan ternak seperti kambing dan sapi mendapat vaksin LSD.

Selain pemberian vaksin, juga dilakukan pengawasan ketat terhadap hewan ternak dengan menurunkan petugas dan melakukan pengetatan di perbatasan untuk memantau lalu lintas hewan ternak.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang Windu Surajdi. Guna menjaga daging hewan kurban yang didistribusikan ke masyarakat dalam keadaan yang baik, vaksinasi LSD terus digencarkan jauh sebelum pelaksanaan kurban.

Baca juga: Krisis Air Bersih Mulai Terjadi di Pantura Jawa Tengah

Berdasarkan data yang ada, lanjut Windu, jumlah ternak yang sudah mendapat vaksinasi LSD sapi sebanyak 932 ekor, vaksinasi PMK sapi dosis satu 6.956 ekor sapi, dosis kedua 6.753 ekor sapi dan dosis tiga 5.526 ekor. "Kami berharap pada pelaksanaan pemotongan kurban nanti, tidak ada hewan berpenyakit yang dikurbankan," tambahnya.

Pelaksanaan Harian Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Pemalang Mu'minun, mengatakan sejak sebulan menjelang Hari Raya Iduladha terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi PMK dan LSD ke hewan ternak.

Mu'minun mengatakan jumlah hewan ternak yang sudah divaksin LSD maupun PMK dosis 1-3 di daerah ini telah mencapai 23.000 ekor tersebar di berbagai kecamatan di Pemalang. "(Pemilik) peternakan jangan khawatir, ketersediaan vaksin cukup banyak," tambahnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat