visitaaponce.com

Pj Gubernur Sebut 167 Ribu Hektar Lahan di Babel dalam Kondisi Kritis

Pj Gubernur Sebut 167 Ribu Hektar Lahan di Babel dalam Kondisi Kritis
Pantai Tanjung Kelayang di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung(Antara)

PENJABAT (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu menyebut berdasarkan data tahun 2022, luas lahan kategori kritis dan sangat kritis, yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota seluas 167.104 hektar.

"Sebagai daerah yang mempunyai karakteristik pertambangan, serta maraknya kegiatan pertambangan yang tidak disertai dengan reklamasi, menyebabkan peningkatan lahan kritis. Untuk menangani lahan kritis ini, tentunya membutuhkan berbagai usaha untuk pemulihan," kata Suganda. Rabu (21/6).

Ia menyebutkan kegiatan penanaman pohon yang diprakarsai oleh Polda Babel ini merupakan langkah nyata yang dapat diambil untuk memberikan kontribusi, dalam memperbaiki kondisi yang terjadi di Bumi Serumpun Sebalai saat ini.

Baca juga: Cemara Beach, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bangka Belitung

Suganda mengajak seluruh pihak menjadikan kegiatan penanaman pohon sebagai sebuah komitmen untuk menjaga lingkungan. Menurutnya, dalam setiap pohon yang ditanam, terkandung harapan dan kepedulian terhadap lingkungan yang ditinggali.

"Pohon merupakan simbol dari kehidupan, pertumbuhan, dan keberlanjutan. Setiap pohon yang ditanam hari ini, adalah langkah maju dalam menjaga bumi. Mari kita lanjutkan penanaman pohon ini dengan penuh semangat. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga lingkungan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan untuk generasi yang akan datang," bebernya.

Baca juga: Dua Titik Diduga Karhutla Terdeteksi di Bangka

Sementara, Kapolda Kepulauan Babel, Irjen Yan Sultra Indrajaya menyebut kegiatan penanaman pohon yang digelar hutan lindung bukit rebo di lintas Timur dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT Bhayangkara ke-77.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan, di mana sebelumnya, Polda Kepulauan Babel telah melaksanakan Penanaman Pohon Tahap 1 dan 2 di kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Babel dengan lahan seluas total kurang lebih 70 hektar," terangnya.

"Hari ini di Hutan Lindung Bukit Rebo ini kita menanam 2.000 bibit Kayu Putih diatas lahan seluas 5 hektar, dengan harapan nantinya pohon Kayu Putih tersebut dapat memberikan manfaat tambahan kepada masyarakat," imbuhnya.

Kapolda berharap, gerakan penanaman pohon tersebut dapat berlanjut dari waktu ke waktu, khususnya di kawasan Hutan Lindung dan Objek Vital Nasional, sehingga fungsi-fungsi alam yang rusak akibat aktivitas tambang, dapat dipulihkan kembali.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat