visitaaponce.com

Dua Kali Kunjungi Ponpes Al-Zaytun, Moeldoko Akui Tak Cium Adanya Penyimpangan

Dua Kali Kunjungi Ponpes Al-Zaytun, Moeldoko Akui Tak Cium Adanya Penyimpangan
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko(MI/Adam Dwi)

KEPALA Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengaku sudah dua kali berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Hal itu dilakukan saat masih menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi dan KSP. Ia mengaku tidak melihat adanya tindakan menyimpang atau indikasi aliran sesat di Ponpes Al-Zaytun

"Saya lihat bahwa norma-norma kebangsaan berjalan di sana. Indonesia Raya selalu dinyanyikan. Jadi, saya hanya melihat bahwa nilai-nilai kebangsaan, Pancasila dan seterusnya selalu dibicarakan di sana," ujar Moeldoko ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, (26/6).

Baca juga: FPI akan Unjuk Rasa di Depan Kemenag, Tuntut Penutupan Ponpes Al-Zaytun

Moeldoko menilai untuk mengetahui ada atau tidaknya tindakan menyimpang perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut. Hal ini bisa dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Kalau hanya sekilas kan saya engga ngerti bagaimana yang sesungguhnya itu apa, perlu adanya badan yang intens melihat itu sehingga nanti kesimpulannya tidak salah," jelasnya.

Baca juga: Ditemukan Unsur Pidana dalam Kasus Ponpes Al-Zaytun

Lebih lanjut, Moeldoko menegaskan tidak membeking Ponpes Al-Zaytun. Meskipun ia mengaku kenal dekat dengan pendiri ponpes tersebut, Panji Gumilang.

"Jadi jangan terus diartikan macam-macam dan semakin saya bisa dekat dengan, apa Pak Panji Gumilang kan saya bisa melihat apa yang dia akan terjadi," jelasnya.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat