visitaaponce.com

KSP Proses Audit Tata Kelola Data dan Keamanan PDNs Tetap Berlanjut

KSP: Proses Audit Tata Kelola Data dan Keamanan PDNs Tetap Berlanjut
Ilustrasi pusat data nasional.(AFP/JUNG YEON-JE)

Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan HAM Rumadi Ahmad mengatakan pada prinsipnya, Istana menghargai keputusan yang diambil oleh Semuel Abrijani Pangerapan, yang mundur dari jabatan Dirjen Aptika Kemenkominfo, sebagai bentuk tanggung jawab moral terhadap jabatannya.

Mundurnya Semuel, merupakan imbas Peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNs).

Dia tekankan mundurnya Semuel tidak akan menghalangi proses audit tata kelola data dan keamanan PDNs yang saat ini sedang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kemenkominfo.

Baca juga : Kemenkominfo dan BSSN Harus Bertanggung Jawab atas Peretasan PDNS

"Hal ini penting, agar kejadian serangan siber di PDN ini tidak terjadi kembali di kemudian hari," kata Rumadi, melalui pesan yang diterima, Jumat (5/7/2024).

Pemerintah juga akan melakukan evaluasi PDNs dan PDN yang permanen secara keseluruhan mulai dari perencanaan sampai operasional.

Pemerintah akan memperkuat kembali backup data agar ketika terjadi serangan siber, layanan dapat pulih lebih cepat dan data publik dapat dienkripsi secara aman dengan standar keamanan dan tata kelola data tier-4.

Baca juga : PDN Diretas, Kemenkominfo dan BSSN Harus Bertanggung Jawab

"Sehingga perlahan, kepercayaan publik dan instansi pemerintah kepada PDN ini dapat berangsur pulih kembali," kata Rumadi.

Selain itu, Pemerintah juga akan melakukan review dan audit kelembagaan, dengan melibatkan partisipasi publik secara bermakna.

"Di dalam proses penyusunan Rancangan Perpres Lembaga Pengelola Data Pribadi sesuai amanat UU 27 Tahun 2022 tentang perlindungan data pribadi," kata Rumadi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat