visitaaponce.com

Masyarakat Berebut Gunungan Grebeg Kurban di Halaman Masjid Agung

Masyarakat Berebut Gunungan Grebeg Kurban di Halaman Masjid Agung
Warga berebut Gunungan Kurban di Halaman Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta(MI/Widjajadi)

TRADISI budaya Grebeg Besar Qurban selalu digelar Keraton Kasunanan Surakarta setiap perayaan hari Raya Idul Adha. 

Ratusan masyarakat pun berebut makanan dan hasil bumi yang ditata sebagai gunungan oleh punggawa keraton peninggalan dinasti Mataram Islam itu di halaman Masjid Agung pada Kamis siang (29/6).

Masyarakat berebut Gunungan Jaler yang berisi hasil bumi seperti sayuran, kacang panjang, potongan tebu dan juga telur asin usai didoakan di Masjid Agung.

Baca juga : EdenFarm Donasi Hewan Kurban untuk Mitra Tani di 9 Wilayah Pertanian Garapan

Sementara Gunungan Isteri dibawa kembali ke dalam tembok besar, untuk diperebutkan para abdidalem di Kori Kamandungan Keraton Surakarta.

Pengangeng Parentah Keraton Surakarta,K anjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati Dipokusumo menyatakan, tradisi grebeg terus menjadi lelaku keraton pada setiap perayaan hari keagamaan,sejak zaman para wali.

Baca juga : PLN Pastikan Layanan dan Pasokan Listrik Nasional Aman saat Idul Adha

"Ya ini karena tradisi kebudayaan maka akan terus diuri-uri dan dilestarikan. Prosesi ini dimulai dari dapur Gandarasan Keraton, tempat untuk memasak. Lalu dikeluarkan ke halaman Kori Kamandungan Keraton Surakarta,untuk diarsk menuju halaman Masjid Agung Solo," imbuh dia.

Prosea kirab dua gunungan makanan, yakni iring-iringan gunungan jaler (laki) dan istri (perempuan) masuk ke Masjid Agung dikawal dengan barisan prajurit keraton.

"Dan setelah diberi doa, dapat diperebutkan. Ini bagian dari masyarakat tradisi untuk mencari berkah. Tetapi biasanya pelancong lokal maupun asing ikut terlibat rebutan makanan dari gunungan," pungkas pria sepuh yang menjadi Pengageng Parentah Keraton Surakarta itu. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat