visitaaponce.com

Tingkatkan Literasi, Patjarmerah Gelar Pasar Buku dan Festival Literasi di Solo

Tingkatkan Literasi, Patjarmerah Gelar Pasar Buku dan Festival Literasi di Solo
Patjarmerah Singgah di Solo Ditengah Permasalahan Literasi.(MI/Widjajadi)

Komunitas yang berfokus pada upaya literasi lewat berbagai festival dan pasar buku, Patjarmerah, hadir di Solo. Lewat pasar buku dan festival literasi yang akan digelar di Ndalem Djojokoesoeman, Kampung Gajahan, diharapkan tingkat literasi dan minat baca warga Solo bisa semakin meningkat.

Acara tersebut akan digelar pada tanggal 1 hingga 9 Juli di Solo. Salah satu alasan Patjarmerah singgah di Kota Solo,karena kota peninggalan dinasti Mataram Islam itu merupakan tempat sangat kental dengan budaya literasi, serta banyak merekam sejarah dan jejak tulisan masa lampau.

"Karya-karya klasik yang lahir dari Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran, seperti Serat Wulang Reh karya pujangga Yosodipuro, Serat Wulang Sunu (PB IV), Serat Werdhatama (Mangkunegoro IV), Centhini (PB V), dan karya pujangga Ronggowarsito, serta Ki Padmasusastra, semua lahir di Solo," terang perwakilan Patjarmerah, Windy Ariestanty.

Baca juga: Peningkatan Jumlah Pustakawan Perlu Bantuan dan Usulan dari Pemerintah Daerah

Windy menegaskan, Solo memiliki semua ciri khas dan denyutannya menjadi titik tepat untuk mengawali Patjarmerah 2023. Windy menjelaskan, pemilihan lokasi festival buku di Ndalem Djojokoesoeman karena pada masa silam merupakan tempat pergerakan yang penting bagi Kota Solo.

Sementara itu, pegiat literasi UNS, Akhmad Ramdhon, menyatakan yakin kehadiran Patjarmerah dengan segala aktivitasnya, akan mampu memberikan ruang yang segar bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi dan minat baca buku.

Baca juga: Taman Bacaan Bisa Ciptakan Lingkungan Belajar dan Baca yang Aman

"Jejak panjang literasi yang membentuk Solo, akan memberikan kekuatan dan sekaligus ruang bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi," ucap Ramdhon.

Dalam gelaran pasar buku dan festival literasi ini, Patjarmerah selain menggandeng sejumlah OPD Pemkot Solo juga berkolaborasi dengan pegiat literasi dan komunitas lintas bidang kreatif. Seperti di antaranya Kembang Gula dengan menghadirkan Fany Chotimah. Juga komunitas tunanetra dan komunitas tuli untuk kegiatan membaca bersama.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat