visitaaponce.com

Sejumlah Bangunan di Bantul Alami Kerusakan Akibat Gempa

Sejumlah Bangunan di Bantul Alami Kerusakan Akibat Gempa
Sejumlah bangunan di Bantul, DIY mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo.(Dok. BMKG)

SEJUMLAH bangunan di Bantul, DIY mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo. Hal itu diketahui dari pendataan sementara Posko PMI DIY.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko PMI DIY, kerusakan terjadi di Pondok Pesantren Bin Baz Piyungan, daerah Karangtengah, di Imogiri sebagian genting rumah warga merosot.

Selain itu, daerah Bibis, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul dua rumah terdampak tembok roboh dan RS Rizki Amalia Lendah mengalami keramik tembok mengelupas. Selain itu, Jl. Ringroad Timur belakang PO Damri rumah warga sebagian tembok roboh.

Baca juga: Gempa Bumi 6,4 tidak Pengaruhi Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya gempa bumi di wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan kekuatan M 6,4 (sebelumnya tercatat 6,6). Pusat gempa berada di laut sejauh 86 Km barat daya Bantul dengan kedalaman 25 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengimbau agar masyarakat tetap tenang.

Baca juga: Gempa di Bantul Terasa hingga Tasikmalaya, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

Selain itu, masyarakat diimbau agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbuh dia.

BMKG juga mengimbau masyarakat mengakses informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat