visitaaponce.com

Agincourt Resources Bantu Tapanuli Selatan Siap Hadapi Bencana

Agincourt Resources Bantu Tapanuli Selatan Siap Hadapi Bencana
Direksi PT Agincourt Resources melalukan penanaman mangrove dalam rangka pelestarian wilayah pesisir di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara(DOK/PT Agincourt Resources)

PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe, telah melaksanakanbeberapa program untuk mendorong kesiapan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, menghadapi bencana.

General Manager Operations PT Agincourt Resources (PTAR) Rahmat Lubis
mengatakan, secara umum perusahaannya telah melaksanakan program Desa
Tanggap Bencana (Destana), Peningkatan Kapasitas Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) dan latihan atau simulasi Rencana Tindak Darurat (RTD).

"Ini merupakan bentuk komitmen kami terhadap upaya penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan dan mitigasi serta pengurangan risiko bencana," ujarnya, Selasa (11/7).

Dia menjelaskan, salah satu prioritas dalam menjalankan aktivitas
pertambangan adalah memaksimalkan dampak positif kehadiran perusahaan bagi para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat di lingkar area tambang. Untuk itu, perusahaan berkolaborasi dengan pemerintah daerah menggiatkan pelatihan penanggulangan bencana dan merangkul masyarakat untuk menguatkan kesiapsiagaan terhadap bencana.

"Kami menyadari bahwa bencana alam merupakan keniscayaan dan tidak dapat kita tolak sehingga yang bisa kita lakukan adalah mencegah dan memitigasi serta mengurangi risiko bencana. Pada dasarnya, upaya penanggulangan bencana merupakan panggilan kemanusiaan dan tanggung jawab kita semua, termasuk kami sebagai badan usaha," kata Rahmat.

 

Bantu daerah lain

 

Sejumlah program penanggulangan bencana sudah dilakukan perusahaan setiap tahun. Di bidang pengurangan risiko bencana, PTAR bekerja sama dengan Ready Indonesia menggelar pelatihan manajemen posko serta pemasangan dan pembongkaran tenda.

Mereka juga menggelar emergency response standard operational serta memfasilitasi kelompok relawan Destana di empat desa pada tiga kecamatan.

Pada 2022 PTAR mengirim empat orang Destana dan dua personel Damkar
Tapanuli Selatan (Tapsel) mengikuti Indonesia Fire and Rescue Challenge
(IFRC) di Banyuwangi, Jawa Timur, selama dua minggu. PTAR juga mengadakan peningkatan kapasitas Satuan Pemadam Kebakaran Tapanuli Selatan bekerja sama dengan tim tanggap darurat perusahaan.

Teranyar, sesuai regulasi pemerintah, PTAR baru saja mengadakan simulasi RTD bendungan tailings storage facility (TSF) Martabe. Simulasi RTD yang diadakan pada 6 Juli 2023 di empat shelter di Kecamatan Batangtoru tersebut diikuti 200 perwakilan warga dari enam desa lingkar tambang, yakni Aek Pining, Batuhula, Sumuran, Telo, Napa, Wek 3 dan Wek 4.

Dalam bidang penangangan serta pemulihan korban bencana, PTAR aktif mengirim tim tanggap darurat ke sejumlah daerah bencana di Indonesia. Tercatat, sudah tujuh kali PTAR mendatangkan tim ini untuk ikut membantu menangani bencana. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat