visitaaponce.com

Cegah Kekacauan Pemilu 2024, Pemkot Sorong Perankan Wasdin

Cegah Kekacauan Pemilu 2024, Pemkot Sorong Perankan Wasdin
Guna mencegah kekacauan menjelang Pemilu 2024, Penjabat Wali Kota Sorong mendukung upaya pencegahan yang dilakukan tim kewaspadaan dini.(Medcom)

PENJABAT (Pj) Wali Kota Sorong, George Yarangga mengapresiasi Tim Kewaspadaan Dini (Wasdin) Kota Sorong, yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap keamanan di Kota Sorong, yang mencegah kekacauan jelang Pemilu 2024

"Sekarang sudah masuk di Tahun politik, terlebih khusus Pilkada Tahun 2024. Yang patut saya hargai adalah, ini murni karena kepedulian, dan rasa cinta kepada kota yang kita miliki. Saya sangat mengapresiasi tim Wasdin, yang masih menunjukkan kepedulian terhadap sesama untuk mencegah kekacauan," aku Pj Wali Kota dalam Rapat Koordinasi dengan Tim Wasdin Kota Sorong, di Ruang Rapat Kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat Daya (PBD), Kamis (20/7).

Bentuk kepedulian tersebut, sambungnya, dengan memasang mata dan telinga pada kegiatan di lingkungan dan sekitarnya. Tidak hanya di tingkat kota, pengawasan dilakukan mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, dan Distrik di Kota Sorong, yang belum mendapat perhatian selama ini.

Baca juga : Cegah Pengedaran Narkoba Jelang Pemilu, Polri Sebar Anggotanya

Menurut George, adanya kepedulian dan kewaspadaan lebih baik dibandingkan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Tim Wasdin, lanjutnya, harus mempunyai rasa solidaritas, solid dan mempunyai kekompakan, serta terus menjalin koordinasi dengan semua pihak.

"Perlu disampaikan di sekitar kita, perlu ada kewaspadaan untuk pencegahan kekacauan. Kewaspadaan yang menjadi perhatian kita bersama yaitu, bukan saja dari eksternal, namun juga internal. contohnya narkoba dan Minuman Lokal (Milo)," kata Pj Wali Kota.

"Pesan saya selaku Ketua Tim Kewaspadaan Dini Kota Sorong, kita harus dapat bekerja sama yang baik, dan tim Wasdin Kota Sorong adalah garda terdepan untuk bisa menciptakan rasa aman bagi warga Kota Sorong."

Baca juga : Anies-Muhaimin Akan Upgrade Kota Sorong, Dimulai dari Pasar

George berharap tim Wasdin kota Sorong dapat menjadi barometer, termasuk di seluruh Provinsi Papua Barat Daya. Untuk tahun 2023, tim Wasdin mulai bekerja, dan dirinya akan selalu berusaha agar tim tersebut mendapatkan intensif setiap tahun berjalan, melalui DIPA Badan Kesbangpol Kota Sorong.

Terlepas dari itu, masih ada hal-hal yang harus diwaspadai dalam perkembangan pembangunan yang sedang berjalan, baik ideologi, politik, budaya dan tekanan nasional. Selain itu tak kalah pentingnya, saat ini sudah ada Puskomin Kewaspadaan Dini Badan Kesbangpol Kota Sorong.

Perlu diketahui, Puskomin merupakan sentral komunikasi dan informasi dari sisi pelaporan, sehingga akan menjadi pertimbangan kebijakan dalam pengambilan keputusan nantinya. Puskomin bertugas memantau perkembangan situasi dan kondisi daerah, mengiventarisasi, mengklarifikasi, dan mentabulasi data atau informasi situasi dan kondisi daerah, serta mengadakan koordinasi dengan instansi terkait mengenai data atau informasi, dan perkembangan situasi daerah.

Baca juga : Legislator Ajak Masyarakat Hindari Isu SARA di Pemilu 2024

Tujuan kewaspadaan dini di daerah meliputi, mendeteksi, mengidentifikasi, menilai, menganalisis, menafsirkan dan menyajikan informasi dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG).

"Dengan terbentuknya tim ini, diharapkan dapat menyampaikan kewaspadaan dengan cara merekam, memotret kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, kemudian hasilnya disampaikan ke Puskomin Badan Kesbangpol Kota Sorong, untuk ditabulasi, diidentifikasi di Tingkat Kota, dan menganalisis sampai memberikan rekomendasi alternatif ke Wali Kota melalui Badan kesbangpol Kota Sorong. Semoga tim Wasdin Badan Kesbangpol Kota Sorong dapat  bekerja sama dengan baik," tutupn George.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Setda Kota Sorong, Jeremias Gembenop, S.Sos., M.H, Kepala Kesbangpol Kota Sorong, Hendrikus Momot, S.E, Kasie Inter Polresta Sorong Kota, perwakilan Kasie Intel Kajari, Kasie Intel Kodim, Kasie Intel Imigrasi, Badan Intelijen Negara (BIN), dan jajaran Badan Kesbangpol Kota Sorong. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat