visitaaponce.com

Tingkatkan Layanan, Disdukcapil Kota Denpasar Gencar Laksanakan JB Pelangi

Tingkatkan Layanan, Disdukcapil Kota Denpasar Gencar Laksanakan JB Pelangi
Pelayanan JB Pelangi Disdukcapil Denpasar(MI/Ruta Suryana)

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar gencar melaksanakan pelayanan Jemput Bola Pelayanan Langsung Jadi (JB Pelangi) dengan menyasar desa/kelurahan. Kegiatan yang dimaksudkan untuk memperluas dan meningkatkan cakupan pelayanan ini dilaksanakan di Kantor Desa Pemecutan Kaja, Sabtu (22/7).

Kadis Dukcapil Kota Denpasar, I Dewa Gde Juli Artabrata mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mendukung pemenuhan kepemilikan akta-akta yang berkaitan dengan dokumen kependudukan di masyarakat. Pelayanan JB Pelangi yang mulanya difokuskan pada perekaman dan pencetakan KTP-el, saat ini dikembangkan dengan mencakup layanan pencatatan sipil.

"Saat ini pelayanan Disdukcapil Kota Denpasar dilaksanakan dengan program daring berbasis Si Taring (Sistem Pendaftaran Daring)," ujarnya.

Baca juga : Ibu-Ibu Ikuti Pelatihan Batik Mangrove di Batu Bara Sumut

Persyaratan yang wajib dilengkapi masyarakat secara umum sama dengan persyaratan yang tertera dalam Si Taring. Tetapi pelayanan dilaksanakan secara luring atau langsung dengan menyasar desa/kelurahan.

Layanan pencatatan sipil yang turut dilaksanakan JB Pelangi, antara lain Paket Akta Kelahiran, Paket Akta Perkawinan, Paket Akta Perceraian, Paket Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Surat Keterangan Pindah (SKPWNI, SKPOA, dan SKPLN), Kartu Identitas Anak (KIA), dan sinkronisasi data.

Baca juga : Klaten Gelar Festival Dalang Anak dan Remaja 2023

"Tentunya kami berharap bagi masyarakat yang merasa kesulitan dalam memanfaatkan layanan Si Taring dalam memanfaatkan layanan JB Pelangi dengan melengkapi persyaratan terlebih dahulu, sehingga pelayanan dapat dimaksimalkan," ucapnya.

Dalam pelaksanaan JB Pelangi sehari di Banjar Pemecutan Kaja tercatat ada 100 warga yang memanfaatkan layanan ini. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat