visitaaponce.com

Bawa Turis Malaysia, Kapal Tenggelam di Perairan TN Komodo

Bawa Turis Malaysia, Kapal Tenggelam di Perairan TN Komodo
Saat-saat kapal tenggelam.(Dokumentasi pribadi.)

PERISTIWA kecelakaan kapal wisata di perairan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, kembali terjadi. Pada Sabtu 22 Juli kapal wisata KLM Teman Baik tenggelam di sekitar Pulau Padar Kawasan Taman Nasional Komodo.

Kapal wisata bernama KLM Teman Baik mengangkut sembilan wisatawan yang berasal dari Malaysia. Sebelumnya, kapal wisata itu berlayar dari destinasi wisata Manta Point menuju Pink Beach. Namun, di tengah perjalanan mengalami kerusakan mesin, sehingga harus ditarik menggunakan KLM Flores Utama.

Saat berlayar di perairan Pink Beach terjadi pusaran yang air mengakibatkan KLM Teman Baik miring lalu tenggelam. Sembilan penumpang berhasil dievakuasi ke atas kapal KLM Flores Utama.

Baca juga: Nelayan Hilang saat Melaut, Tim SAR Lakukan Pencarian

Kasat Polairud Polres Manggarai Barat Iptu I Wayan Merta membenarkan kejadian ini. Wayan Merta mengatakan sembilan penumpang dalam kondisi selamat dan dievakuasi ke Postu di Pulau Komodo untuk selanjutnya dievakuasi ke Labuan Bajo.

Peristiwa kecelakaan kapal wisata di Labuan Bajo bukan kali ini saja. Pada 17 Juli lalu, seorang wisatawan meninggal dunia setelah sekoci yang ditumpangi terbalik di perairan pulau Mauwang Taman Nasional Komodo.

Baca juga: Kapal Wisata di Labuan Bajo Patah Kemudi, Wisatawan Selamat

Peristiwa kecelakaan kapal sering kali terjadi. Karenanya, pihak otoritas pelabuhan Labuan Bajo diminta untuk serius mengecek kelayakan kapal sebelum diizinkan berlayar. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat