visitaaponce.com

Kementan dan DPR Tingkatkan Keterampilan Petani di Penajam Paser Utara, Kaltim

Kementan dan DPR Tingkatkan Keterampilan Petani di Penajam Paser Utara, Kaltim
Bimtek bertajuk 'Petani Milenial Siap Menyongsong Kebutuhan Pangan IKN' di Panajam Paser Utara, Kaltim.(Ist)

PEMERINTAH melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong para petani meningkatkan produksi dan produktivitas usaha taninya melalui berbagai upaya, salah satunya kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petani dan penyuluh yang merupakan sinergi Kementan dengan Komisi IV DPR RI.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bidang pertanian harus terus dilakukan.

“Peningkatan SDM pertanian yang profesional bisa dilakukan melalui pendidikan, pelatihan vokasi, maupun sertifikasi profesi,” katanya.

Baca juga: Mentan Sebut Kolaborasi Jadi Kunci Bisnis Pertanian

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menekankan bahwa kunci sukses pembangunan pertanian adalah peningkatan produktivitas yang berada di tangan petani dan penyuluh.

Menurutnya, BPPSDMP Kementan terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas SDM melalui melalui peningkatan kompetensi teknis, manajerial dan sosiokultural.

"Siapa SDM pertanian itu? Ya petani, penyuluh, petani milenial, Poktan, juga Gapoktan. Kami siap untuk genjot produktivitas dengan mendukung program-program pertanian,” kata Dedi Nursyamsi.

Bimtek bagi Petani dan Penyuluh di Penajam Paser Utara

Berkaitan hal itu, Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari BPPSDMP Kementan menggelar Bimtek bagi petani dan penyuluh di Kalimantan Timur (Kaltim), yang akan menjadi wilayah pendukung Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kegiatan Bimtek diikuti penyuluh pertanian, P3K penyuluh pertanian dan Gapoktan dari Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda. 

Baca juga: Swakelola Agribisnis, Kementan Tingkatkan Kemandirian Petani Milenial

Bimtek bertajuk 'Petani Milenial Siap Menyongsong Kebutuhan Pangan IKN' diikuti 110 peserta dari tiap wilayah, didukung narasumber berpengalaman. Berlangsung pada dua tempat, Coconut Beach Samboja, Kutai Kartanegara, Kamis (20/7) dan Hotel Grand Kartika, Kota Samarinda pada Jumat (21/7).

Kegiatan Bimtek dibuka Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, G Budisatrio Djiwandono didampingi Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso selaku perwakilan Kementan dan koordinator wilayah Kalimantan serta perwakilan dari dinas pertanian setempat.

Baca juga: Kementerian Pertanian Dampingi Petani Siap Hadapi Kemarau Panjang

“Kami mendorong sektor pertanian untuk menjadi tumpuan dan harapan Kaltim ke depan, khususnya komoditasunggulan bernilai ekspor. Kami juga mengajak dan mendorong para generasi milenial. Kita jangan ragu terjun ke sektor pertanian secara modern,” kata Budisatrio. 

Budi Santoso menambahkan bahwa kegiatan Bimtek bertujuan meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh berupa pengetahuan maupun keterampilan. 

“Diharapkan para petani di wiliyah Kaltim, khususnya wilayah Samboja, Kutai Kartanegara tidak hanya menjadi penonton di rumah sendiri, namun bisa menjadi pemain, pemasok kebutuhan pangan yang dominan untuk IKN," katanya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat