visitaaponce.com

2nd Steamcup Sumatera 2023 Bawa Visi Merdeka Belajar

2nd Steamcup Sumatera 2023 Bawa Visi Merdeka Belajar 
Peserta kompetisi robotik 2nd Steamcup Sumatera 2023(Dok. Pribadi)

KOMPETISI robotik 2nd Steamcup Sumatera 2023 digelar tim e@Robotclub Sumatera. Acara itu bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional yang berlangsung selama 2 hari di Trans Studio Mini Pekanbaru pada 22-23 Juli 2023. Kegiatan robotik terbesar di Sumatra itu juga mengadakan seminar edukasi bertajuk “Pendidikan Berbasis STEAM & Visi Merdeka Belajar”.

Koordinator Kerjasama Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbud Ristek Rizal Alfian memberikan apresiasi pada Kota Pekanbaru dan STEAM Edukasi e@Robotclub Sumatera yang mendukung program merdeka belajar melalui penyelenggaraan kompetisi robotik 2nd Steamcup Sumatera 2023 untuk anak usia SD dan SMP.

“Ini adalah suatu langkah awal menyiapkan talenta di bidang robotika dan bisa memberikan kemanfaatan yang luas bagi Indonesia yang lebih maju dalam bidang science, technology, engineering, art & mathematic,” ujarnya dalam seminar edukasi yang diikuti 111 siswa sekolah tingkat SD dan SMP serta 37 guru pendamping sekolah itu.

Baca juga: Peserta Konferensi AI Global di Tiongkok Membeludak. Cetak Rekor!

Dosen Prodi Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Doni Winarso menyampaikan bahwa perkembangan dunia teknologi sangat pesat dan serba otomasi. Selain itu dunia sudah digemparkan dengan kehadiran fitur artificial intelligence (AI) yang sudah mulai merambah di setiap lini kehidupan.

“Kehadiran Chat GPT juga menjadi salah satu fitur yang bisa membantu atau bahkan bisa membunuh peran pendidik. Namun yang perlu di lakukan adalah bagaimana memaksimalkan kemanfaatan dari kehadiran AI (Chat GPT) tersebut dalam dunia pendidikan,” urainya.

Baca juga: PBB ingin Ada Cetak Biru yang Mengatur Pemanfaatan Kecerdasan Buatan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengungkapkan dalam seminarnya juga menyampaikan peran manusia saat ini sudah sangat sedikit. Segala aspek sudah menggunakan fitur teknologi robotika, mesin, ataupun sistem. Selain itu, fenomena yang terjadi saat ini adalah banyaknya sarjana yang pengangguran.

“Sehingga ajang Steamcup Sumatera yang diinisiasi oleh tim e@Robotclub Sumatera ini menjadi bekal untuk memiliki skill di berbagai profesi bekerja di masa depan, secara garis besar pemerintah menyambut sangat baik inisiasi kegiatan yang positif bagi siswa-siswi di Kota Pekanbaru,” sambutnya.

Setelah acara seminar, selanjutnya adalah kompetisi robotik yang terdiri dari: kategori sekolah yakni Kompetisi Robot Fighter dan kategori umum yaitu Fast Assembling (merakit cepat). Steamcup Sumatera itu akan dilakukan setiap tahun, sehingga bisa menjadi ajang dan kesempatan menggoreskan prestasi. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat