visitaaponce.com

Produk UMKM asal Solo ini Merambah Mancanegara

Produk UMKM asal Solo ini Merambah Mancanegara
Produk jaket Tees Industry.(dok: instagram @teesindustry )

Bermula dari hobi berjualan, Ricky Setyawan kini pengusaha sukses di bidang konveksi, khusus jaket dengan brand Tees Industry.  Usaha ini sudah mampu memproduksi hingga ribuan jaket dengan omzet lebih dari seratus juta per bulan.   Pemesannya pun berasal dari mancanegara mulai dari Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipinina, Amerika Serikat, Dubai, Australia, Jepang, Kanada, dan Jerman.

Ricky menuturkan, ia merintis bisnis konveksi bermodalkan keterampilan ilmu marketing dan branding saat masih duduk di bangku kuliah.  Sebelum memiliki banyak klien, ia hanya menjadi makelar produk poloshirt dan t-shirt. Namun seiring waktu, lulusan S1 ilmu komunikasi itu mulai menemukan peluang dan potensi besar dari konveksi jaket.

Salah satu hal yang membuat Tees Industry bisa berkembang pesat, menurut Ricky, karena adanya Unique Selling Point. Selain itu, ia melihat peluang dan tuntutan kebutuhan pasar.

Keunikan dari Tees Industry adalah memberikan keleluasaan kepada konsumen untuk memilih spesifikasi dan desain yang diinginkan. Dalam hal ini, tak banyak produsen jaket di Tanah Air yang melakukan hal serupa.

"Jumlah order yang sedikit memungkinan konsumen untuk orde, serta harga yang disesuaikan dengan budget dan kualitas yang diinginkan, jadi sistemnya made by order," jelas Ricky, belum lama ini.

Ia menambahkan, bisnis yang dijalankan saat ini juga mendatangkan dampak positif  bagi UMKM di Tanah Air. Tak sedikit dari pelaku usaha pemula yang memesan jaket di Tees Industry dengan kuantitas sedikit dan mendapatkan harga yang terjangkau.

"Ini menjadi kesempatan untuk para pelaku usaha kecil dan pelaku industri kreatif yang baru memulai usaha atau baru memiliki modal usaha kecil untuk dapat order jaket sesuai dengan keinginannya. Sehingga kami memberikan kesempatan untuk UMKM untuk dapat memulai usahanya, sehingga lebih ramah untuk UMKM," tambah Ricky , yang mempromosikan bisnisnya di Instagram dan TikTok dengan nama @teesindustry.

Saat ini kantor Tees Industry masih berada di kota Solo. Namun Ricky berencana berekspansi ke daerah lainnya. Dengan begitu, ia berharap bisnis konveksinya bisa menyerap tenaga kerja lebih besar lagi ke depannya. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat