visitaaponce.com

Pemprov Sultra Mulai Antisipasi El Nino dan Kekeringan

Pemprov Sultra Mulai Antisipasi El Nino dan Kekeringan
Foto udara petani memupuk padi di areal persawahan Ranomeeto, di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Selasa (4/7).(ANTARA/JOJON)

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ari Siswanto mengatakan pihaknya mulai mewaspadai El-Nino dan ancaman kekeringan.

Menurut dia, beberapa daerah di luar Sultra mulai merasakan dampaknya.

"Dari minggu kemarin saya sudah sampaikan antisipasi tentang El-Nino, kita harus waspadai utamanya dinas teknis, sekali lagi mohon koordinasi dengan kabupaten dan kota dan terus melakukan perkembangan  karena di bagian wilayah kita sudah mengalami kekeringan," katanya.

Baca juga: Hadapi El Nino 2023, BNPB Siapkan Langkah Pencegahan Karhutla dan Kekeringan

Ari menambahkan kekeringan akan berdampak pada pangan khususnya beras. Sehingga ekspor tidak dilakukan secara rutin lagi.

"Kita sudah menyetop seluruh ekspor berasnya untuk kebutuhan dalam negeri seperti Vietnam dan Thailand juga menghentikan ekspor untuk beras medium, sisa beras premium yang dia bisa ekspor, ini tentunya akan berdampak juga pada kita untuk itu dinas teknis untuk selalu mewaspadai tentang cuaca iklim khususnya El-Nino dan kekeringan yang telah disampaikan oleh BMKG," ujarnya.

Baca juga: Karawang Optimistis Capai Target Produksi Padi di Tengah El Nino

Ari berharap, El-Nino tidak memberikan efek yang besar kepada masyarakat khususnya para petani. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat