visitaaponce.com

Pemkab Majalengka Gulirkan Program PKT

Pemkab Majalengka Gulirkan Program PKT
Pekerja membangun saluran irigasi di desa Lohbener, Lohbener, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (13/9/2022). Proyek itu didanai PKT.(ANTARA/DEDHEZ ANGGARA)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Majalengka menggulirkan program Padat Karya Tunai (PKT). PKT dilakukan di 330 desa dan kelurahan. Bupati Majalengka, Karna Sobahi, menjelaskan dalam waktu dekat PKT segera digulirkan dengan total dana yang dialokasikan sebesar Rp68 miliar.

"Program ini akan dilaksanakan di 330 desa dan 13 kelurahan di Kabupaten Majalengka," tutur Karna, Selasa (8/8).

Karna akan meminta terlebih dahulu kepada kepala desa dan kelurahan untuk merancang apa yang akan dilakukan dengan PKT di desa mereka."Karena setiap desa nantinya akan mendapatkan alokasi kurang lebih Rp200 juta," tutur Karna.

Baca juga: Sumur-Sumur Mengering, Satu Desa di Majalengka Kesulitan Air Bersih

Untuk itu Karna menekankan agar dana yang dialokasikan digunakan untuk program-program pemberdayaan masyarakat sehingga ekonomi masyarakat akan terbantu.

"Mereka mendapatkan upah dan pembangunan pun berjalan," tutur Karna.

Karna juga memperingatkan agar program yang dijalankan dengan menggunakan dana PKT tidak dikerjakan serampangan. Terlebih tahun ini merupakan tahun politik. "Nanti ramai lagi," tuturnya.

Baca juga: Kementan Ajak Petani Majalengka Terapkan Pemupukan Berimbang

Untuk itu dinas terkait bersama dengan pihak desa harus memikirkan dengan baik program pemberdayaan masyarakat apa yang akan dilakukan.

Pemkab Majalengka, lanjut Karna, juga akan menurunkan tim khusus dari inspektorat untuk mengawasi dan memastikan PKT bisa berjalan dengan baik dan transparan. (Z-6)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat