visitaaponce.com

Pemuda Maluku Ikuti PKPRT

Pemuda Maluku Ikuti PKPRT
Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) di Ambon, Maluku.(DOK IST)

RATUSAN pemuda Maluku mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) yang diselenggarakan oleh Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga. Mereka merupakan aktivis Organisasi Kepemudaan dan komunitas pemuda di Maluku. 

Mewakili Deputi Pengembangan Pemuda, Abdullah Masud menyampaikan bahwa Keluarga adalah entitas terkecil dari sebuah bangsa dan oleh karenanya membangun harmoni dalam keluarga menjadi bagian penting ikhtiar membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pj Pengembangan dan Pembinaan Kepemimpinan Pemuda ini menyampaikan, bahwa negara hadir dalam memberikan layanan kepemudaan sebagaimana yang diamanatkan UU 40/2009 tentang Kepemudaan.

Disebutkan bahwa ada tiga model pembangunan kepemudaan yaitu penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan. Pengembangan sendiri dititik beratkan pada tiga hal yaitu kepemimpinan, kepeloporan, dan kewirausahaan.

"Kegiatan PKPRT ini bagian dari layanan kepemudaan di bidang kepemimpinan yaitu kepemimoinan tahapan kedua yang kami sebut sebagai kepemimpinan Domestik. Selain itu ada kepemimpinan individu dan kepemimoinan publik," ujar Abdulla dalam keterangannya, Selasa (16/8).

"Untuk itu generasi muda kita harus memiliki pengetahuan dan skill di bidang kepemimpinan baik kepemimpinan individu, kepemimpinan domestik maupun kepemimpinan publik," sambung dia.

Abdullah juga menyampaikan harapannya dalam kegiatan tersebut agar pemuda mempunyai literasi yang cukup tentang kepemimoinan domestik atau kepemimpinan dalam rumah tangga sehingga dapat melahirkan rumah tangga yang harmonis.

PKPRT dilaksanakan di salah satu hotel kota Ambon pada Selasa (15/8) dan berlangsung selama dua hari. 

Sementara Jaswadi selaku Penangung jawab Kegiatan PKPRT dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan PKPRT Angkatan ke-XIII pada tahun ini.

Sejumlah narasumber dari pusat maupun daerah hadir di antaranya adalah Komisioner KPAI Margaret Aliyatul Maimunah, Farida Mony selaku akademisi, tokoh kepemudaan Ambon yang sekaligus timsus Staf khusus Kemenpora Abu Khasim Sangadji. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat