visitaaponce.com

Mengagumi Kaws Holiday yang Liburan di Candi Prambanan

Mengagumi Kaws: Holiday yang
Patung Kaws:Holiday yang tengah hadir di Candi Prambanan, Yogyakarta.(Instagram Kaws)

ADA yang tidak biasa ketika berkunjung ke Candi Prambanan. Karya seni rupa yang diberi judul Holiday Indonesia karya Brian Donnelly (Kaws), seorang seniman kelahiran New Jersey, Amerika Serikat, tengah dipamerkan di Candi Prambanan, Yogyakarta, dari 19 hingga 31 Agustus 2023.

Patung berwarna merah muda dengan panjang 45 meter dan tinggi 15 meter itu terlihat kontras dengan warna batu-batu candi. Sekilas patung tersebut menyerupai karakter kartun kelinci dalam wujud 3 dimensi. Sesuai dengan judulnya, Holiday, ia terlihat tengah bersantai, dengan posisi tiduran. Badan menghadap ke langit sambil menekuk kedua kakinya dengan kedua dua tangannya menutup dua bola matanya.

Hampir seluruh tubuh kelinci tersebut berwarna merah muda. Namun, beberapa bagian ada yang berwarna putih, seperti bagian perut hingga dada, kedua pergelangan tangan, serta bagian dalam telinganya.

Baca juga: Kaws:Holiday Bakal Mejeng di Candi Prambanan

Donnelly, Pria berusia 48 tahun yang memiliki 4,5 juta pengikut di Instagram ini mengaku sengaja memilih warna merah muda agar terlihat kontras. Terlebih lagi, Kaws sudah lama menyukai warna yang sering diidentikkan dengan warna yang disukai perempuan ini.

"Sebenarnya patung ini sudah pernah ditampilkan pada 2002," papar dia, Jumat (18/8).

Namun, baru pada 2018, KAWS: Holiday terwujud dan melaksanakan tur dunia, yang dimulai di Seoul, Korea.

Patung Holiday tersebut telah berkunjung ke berbagai belahan dunia, seperti Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, hingga Melbourne. Kompleks Candi Prambanan menjadi tempat kesepuluh yang dikunjungi patung Holiday.

Baca juga: Sejarah Candi Prambanan Peninggalan Raja Rakai Pikatan

Bukan Hal Sederhana

Kaws mengaku tidak mudah memamerkan seni instalasi 3 dimensi berukuran raksasa tersebut karena dibangun dari banyak material, seperti fiberglass, aluminum, hingga kayu. Ia harus bisa meletakkannya pada tempat yang tepat untuk menghasilkan tampilan yang harmonis dengan lingkungannya yang baru di Kompleks Candi Borobudur.

"Tentu saja, instalasi ini membutuhkan banyak orang," cerita dia yang terinspirasi dari karakter Mickey Mouse saat membuat karya tersebut. Banyak hal yang harus disiapkan dan diperhitungkan untuk membawa karya tersebut melintasi samudra dan benua, termasuk pameran yang diadakan di Candi Prambanan.

Walau sangat kompleks dalam menyiapkan tur dunia tersebut, ia pun mengaku sangat senang karyanya dapat ditempatkan di Kompleks Candi Prambanan. Pasalnya, bangunan candi yang dibuat sekitar 850 Masehi tersebut sangat menarik baginya.

"Publik dapat menikmati (karyanya) dan (beberapa waktu ke depan) menjadi bagian dari lanskap budaya yang dinamis di sini," papar dia.

Selain senang dapat berkolaborasi dengan arsitektur Candi Prambanan, KAWS juga senang bisa mengunjungi banyak tempat-tempat indah di berbagai negara.

"Sangat menyenangkan ketika menerima sambutan yang luar biasa dari penggemar dan penduduk setempat," lanjut dia.

Dukungan Mitra Lokal

KAWS: Holiday bisa tampil di Candi Prambanan karena berkolaborasi dengan AllRightsReserved serta didukung mitra lokal, AKG Entertainment. Perwakilan AllRightsReserved, SK Lam mengatakan, mereka telah membawa karya KAWS tersebut menjelajahi dunia dan mengunjungi kota-kota unik.

"Kami telah membawanya melintasi darat dan laut, dan bahkan berkelana ke stratosfer. Ini menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mempesona," papar dia.

Bagi Board Member dari AKG Entertainment, Axton Salim memamerkan karya seni rupa Kaws:holiday menjadi hal yang sangat mengagumkan. "Ini (patung dengan warna pink) terlihat bagus dengan warna hijau (pepohonan dan rumput) dan hitam (batu) Candi," papar dia.

Ia berharap, setiap pengunjung yang datang ke Candi Prambanan dapat menikmati keindahan pameran ini yang ditawarkan karya agung Candi Prambanan dari Indonesia dan karya Kaws kepada dunia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat