visitaaponce.com

KawsHoliday Bakal Mejeng di Candi Prambanan

Kaws:Holiday Bakal Mejeng di Candi Prambanan
Kaws(Dok Kaws:Holiday)

PAMERAN keliling yang dilakoni seniman ternama dunia, Kaws, bertajuk Kaws:Holiday kini hadir di Indonesia. Kaws:Holiday akan berada di kompleks candi Prambanan, Yogyakarta, pada 19-31 Agustus.

Diperkenalkan pada 2018, tur pameran keliling dunia Kaws:Holiday kini memasuki perjalanan pameran ke-10. Pameran keliling Kaws:Holiday dimulai di Seoul, Korea Selatan. Hingga kemudian berkeliling ke Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, Melbourne dan juga diluncurkan ke stratosfer. 

Kaws atau Brian Donnelly merupakan seniman asal AS yang karyanya melintasi dunia seni dan desain meliputi lukisan, mural, desain grafis dan produk, serta patung berskala besar. Selama dua dekade terakhir, Kaws telah membangun sebuah karya yang sukses yang secara konsisten dan menunjukkan keterampilan artistiknya sebagai seniman.

Pada pemberhentian tur yang ke-10, Kaws kembali bekerja sama dengan kolaborator lamanya, AllRightsReserved, untuk membawa patung monumental baru ke Prambanan, kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Didukung oleh mitra lokal AKG Entertainment, pameran unik ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer.

Untuk pertama kalinya dalam tur yang telah berlangsung selama enam tahun ini, sang seniman akan memperkenalkan kembali ‘ACCOMPLICE’ yang pertama kali muncul dalam bentuk figur vinil yang dirilis pada 2002. Karya ini juga akan menjadi karya seni pertama Kaws yang ditampilkan di situs warisan dunia UNESCO.

Baca juga: Sembilan Desa Wisata di Borobudur-Yogyakarta-Prambanan Jalin Kolaborasi dengan Perhotelan

Dibangun pada abad ke-9, kompleks candi Prambanan ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada 1991. Didedikasikan untuk dewa-dewa Hindu, candi-candi ini dihiasi dengan pahatan relief batu yang menggambarkan ilmu spiritual, pahlawan, dan hewan. Situs ini dikenal dengan arsitekturnya yang tinggi dan runcing, dengan puncak candi utama mencapai ketinggian 47 meter. Karya seni sepanjang 45 meter ini akan menjadi patung terbesar yang pernah dibuat oleh sang seniman hingga saat ini. 

Dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia pada Kamis (3/8), sang seniman juga akan hadir pada hari pembukaan yakni 18 Agustus. Pameran Kaws:Holiday di Prambanan akan berlangsung pada 19-31 Agustus. Melengkapi pameran, juga hadir beberapa produk yang bisa dikoleksi seperti cangkir, figur, baju hangat, dan handuk.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat