visitaaponce.com

Puncak Perayaan Yaqowiyu Jatinom Sebar Kue Apem 8 Ton

Puncak Perayaan Yaqowiyu Jatinom Sebar Kue Apem 8 Ton
Ribuan orang berebut kue apem yaqowiyu yang disebar panitia dari menara di Lapangan Sendang Klampeyan.(MI/Djoko Sardjono.)

RIBUAN orang tumpah ruah di Lapangan Sendang Klampeyan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Jumat Kliwon (1/9/2023). Mereka berkumpul sejak pagi untuk ngalap berkah kue apem yaqowiyu yang disebar seusai salat Jumat.

Sebar kue apem yang dilakukan pada puncak perayaan yaqowiyu di Jatinom ialah tradisi budaya warisan Ki Ageng Gribig. Pada perayaan yaqowiyu tahun ini, panitia menyebar kue apem delapan ton yang diperebutkan masyarakat.

Kue apem sebanyak itu disebar seusai salat Jumat diawali oleh Gubernur Ganjar Pranowo dan Bupati Sri Mulyani dari panggung kehormatan. Setelah itu, sebar apem dilanjutkan panitia perayaan yaqowiyu dari dua menara.

Baca juga: Klaten Daerah Rawan Bencana, Bupati Kukuhkan 6.000 Relawan

Bupati Sri Mulyani saat ditemui menyebutkan kue apem yang disebar pada puncak perayaan yaqowiyu sebanyak delapan ton. Kue apem ini dari sedekah warga masyarakat, instansi pemerintah, dan desa di Jatinom.

"Tradisi sebar apem pada puncak perayaan yaqowiyu di bulan Sapar sebagai tradisi budaya yang perlu dilestarikan. Pun, acara tradisi ini sebagai ajang silaturahmi akbar keluarga Kabupaten Klaten," imbuhnya.

Baca juga: Kapolres Klaten Pimpin Bersih-bersih Sampah di TPS Pasar Gentongan

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan perayaan yaqowiyu melalui pendekatan budaya itu sangat menarik terutama bagi wisatawan. Karena itu, tradisi budaya warisan Ki Ageng Gribig di Jatinom perlu dilestarikan dan dikembangkan.

Salah satu pengunjung, Wahyu, 43, asal Sukoharjo, mengaku sangat tertarik untuk datang di Jatinom pada puncak perayaan yaqowiyu. Tujuannya ngalap berkah apem yaqowiyu yang disebar di Lapangan Klampeyan.

"Alhamdulillah, meski ngos-ngosan saya masih beruntung dapat dua apem. Kue apem berkah Ki Ageng Gribig nanti setiba di rumah akan saya makan. Ya, semoga berkah," ujarnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat