visitaaponce.com

Sawah Mengering, Warga Gununghalu Bandung Barat Gelar Salat Minta Hujan

Sawah Mengering, Warga Gununghalu Bandung Barat Gelar Salat Minta Hujan
Warga Desa Sindangjaya berkumpul di lapangan menggelar salat istisqa, Jumat (8/9).(MI/Depi Gunawan)

WARGA Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menggelar salat istisqa untuk meminta hujan dan mengakhiri musim kemarau panjang yang sedang melanda.

Salat istisqa di Lapangan Merah Kampung Cisitu Desa Sindangjaya itu diikuti oleh ratusan warga, baik dari kalangan petani, pemuda, maupun masyarakat umum pada Jumat (8/9) siang.

Miptahudin, 30, warga setempat mengatakan, sudah sekitar tiga bulan wilayahnya tidak pernah turun hujan. Dampak tidak adanya turun hujan menyebabkan sawah-sawah di desanya mengalami kekeringan. "Tadi siang setelah salat Jumat, warga berkumpul di lapangan untuk meminta diturunkan hujan. Ada sekitar 500 orang yang ikut serta salat istisqa," kata Miptahudin.

Baca juga : Kalimantan Selatan Gelar Salat Minta Hujan

Meski dilanda kemarau panjang, ia menyatakan, sebagian warga masih mampu memenuhi kebutuhan air untuk sehari-hari. "Paling prihatin ya petani, kebun dan ladangnya sangat kekurangan air. Mereka harus mengeluarkan biaya tambahan buat menyedot air untuk lahan pertaniannya," ujarnya.

Miptahudin mengaku, dampak musim kemarau paling parah dialami warga Desa Cilangari. Akibat sumur mengering menyebabkan warga di desa itu harus memanfaatkan air sungai yang berada di perbatasan Cianjur untuk kebutuhan mandi dan mencuci pakaian. "Pada musim kemarau, kondisi warga Desa Sindangjaya sebenarnya lebih baik dibandingkan Cilangari," ungkapnya.

Baca juga : Doa dan Tata Cara Salat Istisqa untuk Meminta Hujan, Sesuai Sunnah Rasulullah

Dia berharap, dengan digelarnya shalat istisqa bisa mengatasi masalah kekeringan di wilayah ujung Kabupaten Bandung Barat itu. "Warga di sini sangat ketergantungan air hujan untuk mengairi sawah, kami mohon kepada Allah SWT segera menurunkan hujan biar enggak kesusahan," jelasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat