visitaaponce.com

Akibat Kabut Asap, Jam Masuk Sekolah di Ogan Ilir Disesuaikan

Akibat Kabut Asap, Jam Masuk Sekolah di Ogan Ilir Disesuaikan
Asap hutan terbakar di Ogan Ilir, Sumatra Selatan.(AFP/AL ZULKIFLI)

AKIBAT kebakaran hutan dan lahan yang semakin meluas di Kabupaten Ogan Ilir, pemerintah setempat langsung mengambil kebijakan baru untuk para pelajar. Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya mengatur ulang jam masuk sekolah jenjang Paud, TK, SD/MI, dan SMP/MTs.

Kebijakan dibuat agar para siswa dapat menghindari polusi udara di pagi hari. "Asap dari karhutla ini sudah masuk kategori mengganggu kesehatan anak didik, juga masyarakat di Ogan Ilir, karenanya kami memutuskan untuk undur jam masuk sekolah," kata Panca, Kamis (21/9).

Panca mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir dimana sekolah bisa mengatur jam masuk sekolah pukul 08.00 atau 09.00 WIB tergantung dengan kondisi udara di pagi itu.

Baca juga: Kabut Asap Makin Parah, Polda Sumsel Gelar Salat Istisqa untuk Minta Hujan

Diakui Panca, kabut asap di Ogan Ilir sudah muncul sejak tiga pekan terakhir. "Ini adalah pekerjaan rumah besar bagi kita untuk menyelamatkan anak didik agar tidak terpapar polusi udara akibat kabut asap," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta Dinas Kesehatan Ogan Ilir untuk membagikan masker kepada masyarakat khususnya pelajar TK, SD dan SMP, sebagai upaya pencegahan penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Baca juga: 130 Santri di Ogan Ilir Dipulangkan dari Pesantren akibat Karhutla

"Kami sudah sinergikan dengan puskesmas untuk membagikan masker ke seluruh masyarakat dan pelajar," jelasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat