visitaaponce.com

Lestarikan Seni Budaya, Bupati OKU Timur Buka Festival Sebiduk Sehaluan 2023

Lestarikan Seni Budaya, Bupati OKU Timur Buka Festival Sebiduk Sehaluan 2023
Bupati OKU Timur meresmikan Festival Sebiduk Sehaluan 2023.(Istimewa)

Dalam rangka melestarikan Seni dan Budaya di OKU Timur, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Festival Sebiduk Sehaluan 2023 yang berlangsung di Lapangan Sepak bola, Desa Sumber Agung, Buat Madang, Sabtu (23/9).

Dalam Festival yang bertajuk Pentas Seni dan Budaya OKU Timur itu juga dirilis Aksara Kaganga Komering yang merupakan warisan sejarah Kabupaten OKU Timur dan Website Aksara Komering.ID serta Festival Tunas Bahasa Ibu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin menyampaikan terima kasih kepada Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah atas dukungannya dan berkenan melaunching Aksara Kaganga.

Baca juga: Wali Kota Denpaasar Resmikan Inovasi SIUMA dalam Pelestarian Subak

"Tujuan agenda ini adalah meliterasi masyarakat terkait budaya daerah dalam hal seni budaya di OKU timur, memperkenalkan keberagamaan dan kerukunan antar budaya, melaksanakan peluncuran website Aksara Kaganga, menyalurkan bantuan bupati berupa alat kesenian, hadroh, ku lintang dan kuda lumping serta menyalurkan bantuan bupati berupa Alquran,” ujar Wakimin.

Dalam kesempatan itu, Bupati OKU Timur Lanosin mengatakan kebudayaan sangat penting dilestarikan. 

Baca juga: Tradisi Sekaten di Keraton Yogyakarta Dikembalikan ke Fungsi Utamanya

“Budaya menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita dan harus dilestarikan, namun Budaya yang kita jalani haruslah budaya yang baik dan positif,” kata Lanosin.

Lanosin juga menuturkan dirinya mengapresiasi kegiatan Festival Sebiduk Sehaluan yang setiap tahunnya dilaksanakan. Ia mengajak masyarakat untuk berpegang teguh pada slogan Sebiduk Sehaluan.

Ditandai dengan pemukulan gong, Lanosin resmi membuka Festival Sebiduk Sehaluan dan melaunching Website Aksara Kaganga Komering, dilanjutkan dengan peninjauan stand UMKM yang turut memeriahkan acara tersebut. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat