visitaaponce.com

Pertunjukan Wayang Kulit di RSPD Klaten Dibanjiri Penonton

Pertunjukan Wayang Kulit di RSPD Klaten Dibanjiri Penonton
Kepala Disbudporapar Klaten Sri Nugroho (tengah) menyerahkan gunungan wayang kepada dalang Ki MPP Bayu Aji (kedua dari kiri).(MI/DJOKO SARDJONO)

PERGELARAN wayang kulit Malem Selasa Kliwon di halaman RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) Klaten, Jawa Tengah, Senin (25/9) dibanjiri penonton yang ingin menyaksikan penampilan tiga dalang muda Klaten.

Acara itu dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sri Nugroho mewakili Bupati Klaten Sri Mulyani, Forkopimda, OPD, Dewan Kesenian, serta dalang Surakarta dan Yogyakarta.

Menyajikan cerita (lakon) Kembang Slaga Rahina, trio dalang Ki MPP Bayu Aji, Ki Jalu Tomo Pandoyo, dan Ki Wardono Joko Pandoyo mampu menunjukkan kepiawaiannya di depan penonton dan tamu undangan.

Baca juga: Penikmat Wayang Orang Sriwedari Kini Didominasi Generasi Muda

Ketua Panitia Wayang Kulit Malem Selasa Kliwon, Bagong Darmono, mengatakan pentas diselenggarakan oleh Pepadi Klaten bekerja sama Guyub Dalang dan Disbudporapar Klaten.

"Tradisi pentas wayang kulit malem Selasa Kliwon di RSPD Klaten diadakan sejak 1967. Kegiatan ini mendapat dukungan dari guyub dalang dan Pemkab Klaten," kata Bagong, salah satu dalang tenar di Klaten.

Sementara itu, Sri Mulyani dalam sambutan tertulis yang dibacakan Nugroho memberikaan apresiasi penyelenggaraan Malem Selasa Kliwon.

Baca juga: Buruh Pabrik Rokok dan Tani Tembakau di Klaten Dapat BLT DBHCHT

Menurut dia, pergelaran wayang kulit bukan hanya merupakan upaya pelestarian budaya warisan leluhur, namun juga untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan adat ketimuran yang kini mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Klaten, Disbudporapar, Guyub Dalang, dan RSPD Klaten  atas penyelenggaraan pentas wayang kulit Malem Selasa Kliwon," ucapnya.

Melalui pertunjukan wayang kulit, lanjut Sri Mulyani, bisa diperoleh cakrawala baru, pandangan, dan sikap hidup manusia dalam menentukan kebijakan dalam mengatasi permasalahan dan tantangan hidup. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat