visitaaponce.com

Buruh Pabrik Rokok dan Tani Tembakau di Klaten Dapat BLT DBHCHT

Buruh Pabrik Rokok dan Tani Tembakau di Klaten Dapat BLT DBHCHT
Pemberian Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kabupaten Klaten.(MI/DJOKO SARDJONO)

SEBANYAK 6.331 buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mendapat bantuan langsung tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023.

Penyerahan BLT DBHCHT secara simbolis dilakukan oleh Bupati Sri Mulyani di Pendapa Kabupaten, Senin (25/9). Besaran BLT DBHCHT Rp1,2 juta per orang.

Kepala Dinsos P3APPKB Klaten, Moch Nasir, melaporkan BLT yang diberikan kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kabupaten Klaten bersumber dari DBHCHT 2023 sebesar Rp7,597 miliar.

Baca juga: Pemda NTB Lindungi 10 Ribu Petani dan Buruh Tani dalam Program BPJAMSOSTEK

"Pemberian BLT DBHCHT untuk mengurangi beban kehidupan para buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kabupaten Klaten yang saat ini aktivitas mereka berkurang di pertembakauan," katanya.

BLT DBHCHT setiap bulan Rp300.000 per orang dan bantuan diberikan selama selama empat bulan. Sehingga, masing-masing menerima Rp1,2 juta dan langsung dimasukkan ke rekening tabungan penerima.

Sementara itu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa penerima BLT DBHCHT yang hadir adalah perwakilan dari 6.331 buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kabupaten Klaten.

Baca juga: Kekeringan Landa 13 Desa, BPBD Klaten Terus Gelontorkan Bantuan Air Bersih

Sri Mulyani berharap BLT DBHCHT yang diberikan dapat membantu meringankan beban hidup buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok yang berkurang aktivitasnya dalam bidang pertembakauan.

Fenomena El Nino yang mengakibatkan cuaca ekstrem dan musim kemarau panjang menyebabkan tanaman tembakau tidak bisa tumbuh subur. Hasil panen pun jauh berkurang baik kuantitas maupun kualitasnya.

"Nah, untuk mendukung semangat para buruh dan petani tembakau di Kabupaten Klaten agar mereka tetap beraktivitas di bidang pertembakauan, pemerintah memberikan BLT DBHCHT," ujar Sri Mulyani. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat