visitaaponce.com

Kebakaran TPA Jatibarang Semarang Meluas ke Zona Aktif

Kebakaran TPA Jatibarang Semarang Meluas ke Zona Aktif
Situasi terkini kebakaran di TPA Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/10).(Antara/Aji Styawan)

KEBAKARAN melanda tempat pembuangan akhir (TPA) Sampah Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, kembali membesar dan meluas, kepulan asap hitam tebal terus membumbung dibarengi beberapa suara letupan dari titik api yang membakar.

Pemantauan Media Indonesia Jumat (6/10), puluhan petugas gabungan dari Damkar Kota Semarang, kepolisian dan warga dikejutkan kembali membesarnya kebakaran di TPA sampah Jatibarang sekitar pukul 11.00 WIB, mobil pemadam kebakaran langsung bergerak menuju titik api yang kian membesar.

Kepulan asap hitam terus membumbung tinggi dari tumpukan sampah di zona aktif yang berada di bawah zona tidak aktif yang sebelumnya telah kembali terbakar, suara letupan juga beberapa kali terdengar dari tumpukan sampah yang terbakar. "Kita sedang berusaha memadamkan titik api yang baru saja terbakar," ujar seorang petugas Damkar.

 

Kebakaran meluas ke lokasi baru

Lokasi kebakaran susulan ini, demikian petugas lainnya, adalah lokasi baru yang masih aktif, akibatnya untuk untuk sementara pembuangan sampah dihentikan dan truk harus antre di depan gerbang TPA Jatibarang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Nurkholis mengungkapkan lokasi titik kebakaran kali ini berada di zona baru yang sebelumnya tidak terkena kebakaran, sehingga upaya pemadaman terus dimaksimalkan dengan mengerahkan beberapa unit mobil kebakaran karena dikhawatirkan merambat ke wilayah lain.

 

Pemadaman gunakan metode injeksi

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan kebakaran kembali TPA Sampah Jatibarang ini karena masih adanya bara api yang berada di dalam tumpukan sampah sisa kebakaran lalu, namun kemudian membesar dan membakar sekitarnya, sehingga untuk memadamkan harus dilakukan metode injeksi.

Operasi tim pemadam kebakaran pada kebakaran Senin (18/9) lalu seharusnya berakhir pada Jumat (6/10) ini, lanjut Hevearita Gunaryanti Rahayu, namun karena terjadi kebakaran kembali maka operasi tim diperpanjang  hingga Minggu (19/10) mendatang. 

"Saya minta kepada teman-teman untuk melanjutkan operasi pemadaman, karena cuaca panas cukup tinggi saat ini," imbuhnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat