visitaaponce.com

Heru Budi Usul Bangun Pulau Baru untuk Kelola Sampah Jakarta

Heru Budi Usul Bangun Pulau Baru untuk Kelola Sampah Jakarta
PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat groundbreaking pembangunan fasilitas tempat pengolahan sampah di Rorotan, Jakarta Utara(ANTARA FOTO/M Risyal Hidaya)

PEJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pemerintah perlu memikirkan solusi jangka panjang untuk pengelolaan sampah di Jakarta. 

Untuk itu, ia mengusulkan untuk dibuat pulau baru khusus untuk pengelolaan sampah di area pesisir laut utara Jakarta. Ia menilai fasilitas ini lebih diperlukan ketimbang membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru di daratan.

"Ya kan kalau di daratan enggak boleh (buat TPA), kan ini kita tuh pulau," kata Heru di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (14/5).

Baca juga : Heru Tegaskan Tak Pernah Batalkan ITF

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan tak akan membangun TPA hingga 2030. Menurut Heru, perlu dibuat teknologi yang mampu mengelola sampah dengan baik, mengingat jumlah tonase sampah yang terus bertambah di TPA saat ini khususnya Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Harus dipikirkan bagaimana caranya, teknologinya? Misalnya setop (pembuatan TPA), kita mau buang sampah di mana? mengolah sampahnya di mana?" ujarnya. 

Saat ini teknologi sampah seperti Intermediate Treatment Facilty (ITF) dan Refuse Derived Fuel (RDF) memang menjadi solusi mengolah sampah, namun keduanya memerlukan lahan yang luas.

Kendati ada pengolahan sampah, tetap saja diperlukan akses bagi truk-truk pengangkut sampah. Jika sembarangan, maka akan mengganggu warga sekitar yang dilintasi.

"Kalau ngolah sampah pakai ITF segala macam, kan harus ada tempat. Tempatnya iya bagus nih, ngolah nih, apa lah, tapi kan yang jalan mobil sampah. hasilnya bagus. tapi yang ngejalanin mobil sampah, lewat rumah warga," katanya. (P-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat