visitaaponce.com

Belum Efektif, Walhi Sampah Jakarta ke Bantargebang Perlu Ditekan

Belum Efektif, Walhi: Sampah Jakarta ke Bantargebang Perlu Ditekan
Petugas UPK Badan Air DLH Provinsi DKI Jakarta memilah cacahan sampah plastik dan bambu APK(MI/RAMDANI)

PEMERINTAH Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta belum maksimal dalam mengolah sampah di dalam kota. Hal itu berdasarkan jumlah produksi sampah yang dihasilkan setiap harinya di Jakarta mencapai 8000 ton per hari namun dibuang menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi Jawa Barat.

Pengkampanye Walhi Jakarta Muhammad Aminullah mengatakan efektivitas pengolahan sampah bisa terlihat jika bisa mengurangi jumlah sampah yang diolah di dalam kota Jakarta.

"Belum bisa dibilang efektif. Produksi sampah masih sekitar 8000 ton, masuk bantargebang sekitar 7000 ton. Pengelolaan bisa dibilang efektif kalau sampah yang masuk bantargebang bisa ditekan," ujarnya saat dihubungi, Senin (13/5).

Baca juga : Pemprov DKI Akselerasi Pembangunan RDF, Lelang Dimulai Desember

Setengah dari total sampah Jakarta adalah organik yang bisa dikelola dengan cara paling sederhana. Menurut Walhi, TPST Bantargebang berfungsi untuk mengolah sampah residu, ia menilai pengelolaan sampah efektif dalam konteks pengelolaan organik saja bisa ditekan hingga 4000 ton perhari.

Terkini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan Groundbreaking atau peletakan batu pertama dalam proyek pembangunan fasilitas pengolahan sampah Refuse Derived Fuel (RDF) Plant Jakarta di Rorotan, Jakarta Utara. Menurut Walhi, pemerintah seharusnya telah selesai membuat kajian terhadap dampak lingkungan secara komprehensif.

"RDF sama seperti Incinerator, menggunakan pembakaran. pembakaran sampah berpotensi melepas polutan dan menambah emisi," jelas Aminullah.

Baca juga : Walhi DKI: Setop Pembangunan FPSA yang Gunakan Insinerator

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Dinas Lingkungan Hidup melakukan groundbreaking pembangunan fasilitas pengolahan sampah Refuse Derived Fuel (RDF) Plant Jakarta di Rorotan, Jakarta Utara, Senin (13/5). Heru mengklaim, nantinya lokasi ini menjadi salah satu pengolahan sampah teknologi RDF terbesar di Dunia.

“Kapasitas pengolahan sampah pada fasilitas ini mampu mengolah 2.500 ton sampah/hari, serta akan menghasilkan produk berupa RDF atau bahan bakar alternatif sebanyak 875 ton/hari. Fasilitas ini akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia,” ungkap Heru.

RDF Plant ini dibangun di tanah milik Jakarta seluas 7,87 hektare. Adapun anggaran yang diperlukan yakni melalui APBD 2024 sebesar Rp1,28 triliun. Heru menjelaskan pembangunan ini juga sebagai salah satu cara mengurangi beban sampah Jakarta yang selalu tertampung di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat