visitaaponce.com

BNPB Diminta Turunkan Hujan di TPA Suwung

BNPB Diminta Turunkan Hujan di TPA Suwung
Helikopter BNPB menumpahkan air untuk memadamkan kebakaran sampah di TPA Suwung, Denpasar, Bali, Jumat (13/10).(ANTARA/NYOMAN HENDRA WIBOWO)

KEBAKARAN TPA Suwung di Bali belum juga bisa diatasi. Berbagai upaya sudah dilakukan namun api masih berkobar. Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara meminta agar BNPB segera menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna menurunkan hujan.

"Asap api akan terus membubung tinggi. Upaya water bombing sudah dilakukan. Namun hasilnya belum optimal. Untuk itu saya meminta dan berharap agar BNPB segera menerapkan teknologi modifikasi cuaca yaitu menurunkan hujan lebat di seputaran TPA Suwung agar api bisa dipadamkan," ujarnya Jaya Negara (20/10).

Menurut Jaya Negara, permintaan tersebut sudah disampaikan secara langsung dalam rapat koordinasi penanganan kebakaran TPA Suwung dengan pusat termasuk BNPB.

Baca juga: Bali Siap Tutup TPA Suwung Tiga Bulan Lagi Demi Lingkungan yang Lebih Bersih

"Dalam rapat koordinasi, kami sampaikan langsung ke Kepala BNPB (Suharyanto) soal hujan buatan. Kepala BNPB juga mengakui, bahwa hujan menjadi salah satu upaya yang akan ditempuh dalam mendukung optimalisasi penanganan TPA Suwung," ujar Jaya Negara.

Baca juga: Kebakaran TPA Suwung Sulit Dikendalikan, Warga Pendatang Diminta Pulang Kampung

TMC baru bisa diterapkan jika awan sudah muncul dan butuh rekomendasi dari BMKG untuk memberikan hasil yang maksimal.

"Jadi sudah dikaji oleh BMKG, semoga TMC ini segera bisa diterapkan dalam mendukung upaya menurunkan hujan sehingga proses pemadaman dapat
dioptimalkan," ujarnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat