visitaaponce.com

Harimau Sumatra Terlihat di Konsesi HTI

Harimau Sumatra Terlihat di Konsesi HTI
Tim BBKSDA Resort Siak berkoordinasi dengan keamanan PT Arara Abadi setelah harimau sumatra terlihat di konsesi HTI.(Dok. BBKSDA)

HARIMAU Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) terlihat di area konsesi hutan tanaman industri (HTI) PT Arara Abadi di KM 14 Doral, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak, Riau. Kemunculan harimau berdasarkan bukti rekaman video di lokasi tersebut.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Genman Suhefti Hasibuan mengatakan laporan kemunculan Harimau Sumatra itu telah ditindaklanjuti dengan mengirimkan tim BBKSDA Resort Siak ke lokasi kejadian.

"Tim Resort Siak telah ke lokasi PT Arara Abadi dimana terekamnya satwa Harimau Sumatra di Km 14 Kecamatan Pusako sekitar 08.15 WIB," kata Genman, Senin (23/10).

Baca juga: Beruang Masuk Kebun Warga di Kuansing, BBKSDA Riau Lakukan Pencarian

Ia menjelaskan, tim berkoordinasi dengan pihak keamanan perusahaan yang berjaga terkait video tersebut. "Dibenarkan adanya terlihat harimau di area konsesi HTI di KM 14 pada area tersebut sehingga diketahui keberadaan Harimau Sumatra tersebut di habitat alaminya dan masih satu hamparan dengan kawasan Taman Nasional Zamrud," jelas Genman.

"Kemunculan Harimau Sumatra di Km 14 tersebut diduga karena adanya ternak warga sapi yang digembalakan dan berkeliaran di dalam kosensi HTI dan menurut data di lokasi tersebut memang pernah ada sapi yang dimangsa oleh Harimau Sumatra," tukasnya.

Baca juga: 

Genman mengungkapkan, atas kondisi tersebut BBKSDA Riau mengimbau kepada pekerja atau masyarakat di sekitar untuk berhati-hati beraktivitas. "Terutama pada waktu Harimau Sumatra aktif di waktu sore sampai pagi hari dan beraktivitas tidak seorang diri," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat