visitaaponce.com

Geger Harimau Sumatra Berkeliaran di Sekitar Rumah Warga di Solok Sumbar

Geger! Harimau Sumatra Berkeliaran di Sekitar Rumah Warga di Solok Sumbar
Rekaman CCTV harimau sumatra yang masuki permukiman warga di Solok, Sumbar.(Dok. Metro TV/BKSDA Sumbar)

SEEKOR harimau sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) membuat geger warga di Kecamatan Gunung Tanang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar) karena memasuki kawasan permukiman. Menurut Kepala Tata Usaha (KTU) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Dian Indriati, munculnya harimau Sumatra ini karena habitatnya diganggu manusia.

Harimau Sumatra yang berkeliaran di sekitar rumah warga itu terekam kamera CCTV di halaman Masjid Alius Lubuk Selasih, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.Video harimau tersebut terekam sekira pukul 00.30 WIB, Kamis (30/5) dan beredar di media sosial.

Video berdurasi sekitar 2 menit 45 detik merekam kedatangan harimau yang sempat berhenti dan seperti mencari mangsa, lalu bergerak maju. Gerak-gerik harimau tersebut sempat tak tertangkap kamera, namun beberapa detik kemudian lari ke hutan di tempat yang gelap.

Baca juga : Belasan Ternak Milik Warga Kabupaten Solok Dimangsa Harimau

Kepala Tata Usaha (KTU) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Dian Indriati, membenarkan kejadian tersebut. Bahkan satu minggu sebelum kejadian tersebut, timnya sudah mendeteksi keberadaan satwa yang dilindungi tersebut.

Tim BKSDA, warga dan kepolisian melakukan upaya penggiringan satwa ke habitatnya yang berbatasan langsung dengan habitatnya di kawasan hutan. Kawasan itu memang habitatnya di daerah konservasi, jadi wajar dia sering keluar.

“Tim menghalau dengan menggunakan meriam agar harimau Sumatra menjauh dari pemukiman warga dan tidak mengganggu lagi,” ujar Dian.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat