visitaaponce.com

Satu Orang Tewas Diserang Singa Gunung di California

Satu Orang Tewas Diserang Singa Gunung di California
Ilustrasi: Singa Gunung(AFP/NATIONAL PARK SERVICE)

Akhir pekan kemarin, Taylen Brooks, 21, dan saudaranya yang berusia 18 tahun, Wyatt, berjalan-jalan di desanya di sebuah kawasan terpencil di California. Mereka hendak mencari tanduk rusa. Tiba-tiba, mereka bertemu dengan seekor singa gunung.

Sesuai protokol tidak tertulis jika bertemu hewan buas tersebut sebaiknya segera mengangkat tangan dan jangan lari, cukup meneriakinya. Namun, meski telah melakukan prosedur itu, Brooks dan Wyatt, tetap diserang hewan buas tersebut.

Menurut kantor sheriff setempat, meski sempat melawan dengan melemparkan tas ranselnya, Brooks akhirnya tewas sementara saudaranya menderita luka serius di wajahnya. “Sedangkan sang singa kini telah disuntuk mati.”

Baca juga : 2 Helikopter Pemadam Kebakaran Bertabrakan, 3 Petugas Tewas

Serangan singa gunung jarang terjadi. Insiden fatal terakhir di California terjadi pada tahun 2004 di Orange County, dekat Los Angeles.

Dalam postingan di facebook disebutkan dalam serangan yang terjadi pada Sabtu itu, singa tersebut awalnya menargetkan Wyatt dan menggigit wajahnya, lalu mencakar bagian tengah tubuhnya saat Brooks berusaha untuk membantu saudaranya. Singa itu kemudian menargetkan Brooks dan menggigit leher pemuda itu.

Wyatt kemudian lari mencari bantuan namun kemudian kembali dan menemukan saudaranya sudah tidak ada di tempat. Setelah pencarian, para petugas kemudian menemukan seekor singa gunung berjongkok di samping benda di tanah. Mereka lalu menakut-nakutinya dengan tembakan.

Baca juga : 45 Titik Rawan Kecelakaan dan 36 Rawan Kemacetan di Lampung

“Para penjaga hutan dan penjerat kemudian dapat melumpuhkan hewan tersebut dan melakukan eutanasia (suntuk mati),” kata kantor sheriff.

Serangan singa gunung sangat jarang terjadi. Hanya 22 orang yang diserang oleh puma di California sejak tahun 1986, dengan hanya tiga kematian dalam kurun waktu tersebut.

Singa gunung -- juga dikenal sebagai puma, macan kumbang, dan catamount -- adalah kucing liar berukuran besar yang berasal dari Amerika dan dapat ditemukan di wilayah Yukon barat laut Kanada hingga Andes selatan.

Singa jantan dewasa rata-rata memiliki berat lebih dari 130 pon (60 kilogram) dan berukuran enam hingga delapan kaki (1,8 hingga 2,4 meter) dari kepala hingga ekor.

Predator puncak ini adalah salah satu dari dua spesies kucing besar di Belahan Barat, bersama dengan jaguar yang ditemukan lebih jauh ke selatan di Meksiko dan Amerika Tengah. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat