visitaaponce.com

Hewan Peliharaan dan Liar Menderita Akibat Gelombang Panas di Asia

Hewan Peliharaan dan Liar Menderita Akibat Gelombang Panas di Asia
Dua anjing mendapatkan perawatan karena heatburn di sebuah klinik di Kolkata, India(AFP/DIBYANGSHU SARKAR)

MENINGKATNYA suhu di seluruh Kolkata telah membuat kehidupan di sebagian besar kota besar di India terhenti. Namun, dokter hewan Partha Das sangat sibuk dengan pekerjaannya.

Kliniknya dibanjiri masyarakat yang membawa hewan kesayangan mereka yang menderita mimisan, ruam kulit parah, dan tidak sadarkan diri akibat gelombang panas tiada henti yang melanda sebagian besar wilayah Asia Selatan dan Tenggara selama seminggu terakhir.

“Banyak hewan peliharaan juga dirawat di rumah sakit selama tiga atau empat hari berturut-turut, dan mereka membutuhkan waktu lama untuk kembali normal,” kata pria berusia 57 tahun itu kepada AFP setelah melakukan operasi.

Baca juga : Peduli Hewan Terlantar, MAXlife Beri Ruang Bagi Konsumen unuk Bantu Shelter Hewan

“Kami mengalami beberapa kasus serangan panas dalam sehari. Ini belum pernah terjadi sebelumnya," ujarnya.

Kolkata telah dilanda panas terik selama berhari-hari, mencapai puncaknya pada 43 derajat Celcius, yang merupakan hari terpanas pada April sejak 1954, menurut badan cuaca kota.

Jalan-jalan di ibu kota era kolonial yang biasanya ramai hampir sepi di sore hari karena 15 juta penduduknya melakukan apa yang mereka bisa untuk menghindari paparan sinar matahari.

Baca juga : Kucing Mati Mendadak di Sunter Agung Bertambah, Total 22 Ekor

Namun, kucing dan anjing yang cukup beruntung memiliki pemiliknya pun rentan jatuh sakit.

Das mengatakan panas telah memicu lonjakan penyakit terkait dehidrasi pada hewan peliharaan di seluruh kota.

Seorang Guru Sriparna Bose mengatakan kedua kucingnya menjadi cemberut dan menghindar dengan cara yang belum pernah dia lihat sebelumnya ketika gelombang panas melanda.

Baca juga : Hampir 170 Warga India Tewas oleh Gelombang Panas

“Mereka menolak makanan,” katanya.

"Mereka bersembunyi di sudut ruangan yang gelap dan dingin dan tidak mau keluar," sebutnya.

Situasinya lebih buruk lagi karena 70.000 anjing liar yang diperkirakan pemerintah kota hidup di jalan-jalan kota, tidak memiliki pemilik namun sering diberi makan dan dirawat oleh penduduk sekitar.

Baca juga : Sekolah India Ditutup Sepekan karena Suhu Terlalu Panas

Banyak di antara mereka yang menghabiskan hari-hari dengan berlindung dari sinar matahari di bawah mobil yang diparkir, sementara beberapa yang beruntung disemprot oleh manusia yang bersimpati untuk membantu mereka mendinginkan diri.

“Mereka kesulitan untuk berdiri di atas kaki mereka yang empuk karena jalanan sangat panas,” kata Gurshaan Kohli dari Humanimal Foundation, sebuah badan amal kesejahteraan hewan setempat untuk hewan-hewan liar.

“Puluhan anjing dan kucing telah mati” meskipun ia dan rekan-rekannya telah membawa mereka ke klinik untuk mendapatkan perawatan.

Tahun ini lebih buruk

Sebagian besar wilayah Asia Selatan dan Tenggara sedang berjuang menghadapi gelombang panas yang telah memecahkan rekor suhu dan memaksa jutaan anak-anak untuk tinggal di rumah karena sekolah-sekolah di wilayah tersebut ditutup.

Para ahli mengatakan perubahan iklim membuat gelombang panas lebih sering terjadi, lebih lama dan lebih intens, sementara fenomena El Nino juga menyebabkan cuaca yang sangat hangat tahun ini.

Suhu panas telah berdampak buruk pada hewan di seluruh benua.

“Mereka makan lebih sedikit, dan enggan pindah,” kata Henna Pekko dari Rescue PAWS, yang mengoperasikan tempat penampungan hewan di dekat ibu kota Thailand, Bangkok, kepada AFP.

Dengan suhu di Thailand yang melebihi 40 derajat celcius selama seminggu terakhir, Pekko mengatakan badan amalnya telah membawa penyelamatnya ke laut untuk menenangkan diri dengan berenang sementara anjing-anjing tua dikurung di dalam rumah.

“Kami benar-benar mengambil tindakan pencegahan ekstra karena cuaca ini,” katanya kepada AFP, seraya menambahkan bahwa tekanan pada hewan akibat panas adalah yang terburuk yang pernah ia alami di kerajaan tersebut.

“Tahun lalu buruk. Tahun ini lebih buruk," pungkasnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat